Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, mitra bisnis Anda tentu ingin terus berkembang. Pertumbuhan bisnis penting, tidak hanya untuk mencapai keuntungan yang tinggi, namun juga untuk mencapai stabilitas bisnis jangka panjang. Perusahaan yang tidak berkembang akan terhimpit oleh pesaing dan akhirnya gagal. Hal ini tidak berbeda dengan pesaing yang terus berkembang. Mereka selalu berinovasi dalam penjualan, pemasaran, teknologi, dan aspek lainnya untuk meningkatkan bisnisnya, dan bisa saja mereka gulung tikar. Misalnya, Andy mengembangkan bisnisnya. Salah satu bidang yang ingin mereka kembangkan adalah penjualan.
Mereka berharap bisa menjual seribu unit melalui iklan di media sosial. Setelah hal itu tercapai, Andi membutuhkan proyek baru agar usahanya tetap berkembang.
Buatlah rencana. mari kita lihat.
Pentingnya Perencanaan Pengembangan Bisnis
Mitra bisnis harus hati-hati mengembangkan rencana pertumbuhan bisnis yang baik. Rencana bisnislah yang mendorong pertumbuhan.
Dengan mengembangkan rencana bisnis, Mitra Pengusaha dapat memastikan bisnis Anda bergerak ke arah yang Anda inginkan. Tanpa rencana bisnis, akan sulit bagi pengusaha lain untuk mengukur kemajuan mereka dalam mencapai tujuan mereka. . Sebuah bisnis tanpa rencana bisnis tidak memiliki tujuan dalam bisnisnya.
Perusahaan hanya menjalankan bisnisnya tanpa mengetahui ke mana arahnya. Hal ini disebabkan karena dunia usaha tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang apa saja yang perlu dilakukan oleh setiap bagian bisnis
Perencanaan bisnis juga dapat meningkatkan kemampuan pengembangan bisnis dengan memudahkan UMKM menghasilkan uang. . Berdasarkan hasil Sensus Ekonomi Lanjutan 2018 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), program pembangunan memperoleh nilai 1,702 dalam partisipasi kredit UKM (UMK). > >< br>>Seperti yang dapat Anda lihat dari grafik ini, usaha kecil dan mikro yang memiliki rencana bisnis memiliki peluang dua kali lebih besar untuk menghasilkan uang dibandingkan usaha kecil dan mikro yang tidak memiliki rencana bisnis. Mereka punya rencana bisnis. Rencana bisnis juga dapat berfungsi sebagai panduan bagi investor tentang cara menggunakan dananya. Dengan mengakses pendanaan ini, para pelaku UMKM yang telah menyusun rencana bisnisnya dapat menggunakan dana yang diterimanya untuk rencana bisnisnya secara terukur dan menguntungkan
Data BPS menunjukkan 63,72% pengusaha kecil belum memiliki rencana bisnis. Saat ditanya, sebagian besar usaha kecil dan mikro mengatakan tidak memiliki rencana bisnis karena keterbatasan dana. Keinginan untuk mengembangkan bisnis Anda tidak akan berhasil sampai Anda memahami produk dan layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Selain itu, ada banyak alasan seperti kompleksitas bisnis dan kurangnya teknologi. Hasil ini membuktikan bahwa mengetahui cara menyusun rencana bisnis selalu menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku UMKM. Proses perencanaan bisnis memerlukan banyak pekerjaan dan pertimbangan di banyak bidang. Selain itu, proses ini harus berlanjut dari satu sisi ke sisi lain.
Menurut buku Manajemen Strategis karya Fred R. David (2010), proses perencanaan strategis dibagi menjadi tiga tahap. , yaitu masing-masing tahap masukan, tahap klasifikasi, tahap persiapan dan tahap pengambilan keputusan. eksterior dan interior. Lingkungan eksternal ini mencakup berbagai faktor eksternal yang mempengaruhi pembangunan berkelanjutan perusahaan
Beberapa contohnya adalah pemerintah dan politik, makro, masyarakat dan populasi, perkembangan teknologi, lingkungan dan lapangan kerja. Mitra bisnis dapat mengidentifikasi keenam faktor tersebut untuk mengetahui peluang dan tantangan yang ditimbulkan oleh eksternalitas tersebut. Mitra bisnis dapat fokus pada operasi, keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta penelitian dan pengembangan. Semua faktor tersebut dapat dianalisis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis yang dijalankan.
Misalnya Pak. Andy Untuk memastikan bisnisnya terus berkembang, dia bekerja keras menyusun rencana bisnis. Pada bagian dukungan di atas, ia mencoba menganalisis aspek eksternal dan internal bisnisnya
Ia menemukan bahwa bisnisnya dapat bermanfaat bagi orang-orang yang kurang tidur di banyak bidang. Karena fungsi dan alatnya berbeda. Di saat yang sama, masyarakat lebih memperhatikan kualitas tidur.
Tidur tidak terlepas dari dampaknya terhadap kesehatan manusia. Parker Andy juga menemukan bahwa kualitas tidur bergantung pada kenyamanan pakaian yang Anda kenakan. Merek-merek yang berbeda ini semuanya mempunyai peluang atau dapat memanfaatkannya.
Malah Andi melihat daya beli masyarakat menurun. Epidemi pada tahun 2019 hingga 2021 akan membuat masyarakat sulit mendapatkan penghasilan yang layak. Bagi Triandi, ini menjadi kabar baik terkait permasalahan eksternal yang akan dihadapinya. Seperti pengembangan dan penelitian. Produknya dinilai menarik dan berbeda karena menyediakan pakaian tidur yang nyaman dan berkualitas. Hal ini juga dapat mengurangi biaya produksi.
Di sisi lain, Andy juga menyadari kelemahan internal adalah tingginya biaya tenaga kerja. Sembari mencari pakaian jenis ini, Andy mencoba beberapa barang mahal. Selain itu, obat tersebut tidak untuk penggunaan umum dan hanya dapat digunakan di kalangan teman Parker Andy. Yang diperlukan hanyalah logo sederhana seperti Andi untuk mengembangkan bisnis Anda dengan memperhatikan dampak faktor eksternal dan internal.
2. Bagian Grup
Setelah menghapus bagian input, mitra bisnis dapat masuk ke bagian pengaturan kedua bagian. Mitra bisnis dapat menggabungkan faktor eksternal dan internal untuk menentukan langkah selanjutnya.
36,28% peserta UMK mempunyai rencana pengembangan usaha. Saat ini, 40,37% usaha kecil dan mikro telah melakukan diversifikasi rencana pengembangan. Analis bisnis dapat menggunakan beberapa strategi berikut untuk perbandingan.
Namun, seorang analis bisnis dapat membuat strategi berbeda yang sesuai dengan bisnisnya. Misalnya saja di masa lalu tentang Tn. Andy, memiliki kelebihan terkait kualitas obat dan kenyamanan. Seperti yang diketahui semua orang. Jalan keluar dari situasi ini adalah dengan memulai kampanye besar-besaran tentang pentingnya menghibur orang lain. Pak Andi bisa menyoroti peran piyama dalam kampanye promosinya. Situasi eksternal dimana masyarakat menghadapi epidemi dan berkurangnya pendapatan dapat dibandingkan dengan situasi internal dimana biaya produksi rendah. Menanggapi kebutuhan masyarakat selama epidemi. Strategi lain yang bisa digunakan Andy adalah memperbanyak variasi piyama untuk menarik pelanggan yang berbeda. Pak Andi juga dapat mengoptimalkan proses produksi untuk menghasilkan produk yang lebih baik dengan harga yang lebih murah.
3. Tahap Persetujuan
Setelah melewati tahap pencocokan, mitra bisnis Anda harus melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap konfirmasi. Mitra bisnis dapat menentukan strategi yang paling tepat untuk mencapai tujuan saat ini. Dengan melakukan hal ini, mitra bisnis dapat mulai mengevaluasi setiap merek yang tersedia. Setiap metode yang dikembangkan secara bertahap kemudian dapat disajikan dan disajikan dalam bentuk matriks. Terakhir, teman-teman pengusaha dapat memberikan gambaran setiap pilihan yang ada berdasarkan informasi eksternal dan internal.
Pada Pak Andi, dia dapat membuat tabel yang berisi hasil terkini pada baris tersebut. Kali ini, dalam sesi tersebut, dia masuk ke bagian strategi dan kemudian ke dalam perhitungan.
Terakhir ia menghitung skor akhir yang ditentukan dengan mengalikan bobot dengan skor. setiap bagian. . Andy dapat memilih opsi dengan harga tertinggi. Meja sudah disiapkan oleh Bpk. Andy adalah sebagai berikut:
Kegiatan Bisnis
Properti
Program
Mempromosikan tema tidur nyenyak dan pengobatan. |
Meningkatkan kebutuhan seseorang akan tidur lebih banyak
0,5
3
1,5
0
0 < br >
Pentingnya pakaian dalam meningkatkan kualitas tidur
0.33
0
0
3
0.99< br > < br>
Konten
Efek bagus
0,4
3
1,2
2
0,8
> Produksi biayanya rendah
0,2
1
0,2
3
0,6
Biaya produksi terlalu tinggi
< br > 0,1
0
0
0
0
Penjualan statis tidak ada
0,3
< br > 2
0.6
1
0.3
Angka
2.86
Menurut tabel ini, Andy sangat penting dalam meningkatkan minat terhadap tidur yang sehat. metode. Hal besar berikutnya adalah menurunnya daya beli masyarakat dan kebutuhan akan piyama untuk meningkatkan kualitas tidur. Bobot total dari faktor-faktor eksternal ini harus sama dengan satu.
Pada kategori internal, Pak Andy memberikan bobot paling besar pada hal-hal baik, disusul hasil-hasil yang masih kurang. Oleh karena itu, produk yang berbobot lebih ringan akan lebih murah untuk diproduksi, namun lebih mahal untuk diproduksi. Hasil ini ditentukan dengan melihat bagaimana strategi memanfaatkan kekuatan atau mengatasi kelemahan. Dengan menyediakan laporan ini, Pak Andy dapat mengukur biaya akhir dan memutuskan strategi yang tepat untuk diterapkan.
Menurut perhitungan Pak Andy, cara yang paling penting adalah dengan mempromosikan tidur nyenyak dan produk Andy. Apabila terdapat surplus setelah melakukan transaksi tersebut, maka masih dapat dijual dengan harga produksi yang lebih rendah.
Bagian dari bisnis. Banyak aspek bisnis yang terintegrasi, seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, R&D, dan teknologi. Memaksimalkan Bisnis Anda
Nah, itulah hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan saat merencanakan rencana pengembangan bisnis Anda. Proses perencanaan strategis ini sangat penting untuk membantu sesama wirausahawan menemukan solusi terbaik. Halo.
Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bantu bagikan ke teman-teman Anda. Para wirausahawan yang terhormat, jangan lupa untuk menyukai, berbagi, dan mengomentari artikel ini.
Comments