Tips Pulang Aman untuk Mencapai Tujuan dengan Aman

Pati - A Rima Mustajab -Tips Pulang Aman untuk Mencapai Tujuan dengan Aman -  Mudik artinya bepergian ke kampung halaman atau bekerja di suatu tempat lalu kembali ke rumah orang tuanya. Liburan dan liburan adalah waktu yang tepat untuk pulang. Tujuan utama mudik adalah menemui orang tua, saudara, dan teman masa kecil. 

Di Indonesia, masa mudik  identik dengan hari raya Idul Fitri. Dua minggu menjelang libur Idul Fitri, setiap jalan mulai dipenuhi wisatawan. Ada yang bepergian dengan pesawat, kereta api, bus, mobil pribadi, atau kendaraan bermotor. 

Namun, wisatawan harus ingat bahwa menggunakan transportasi umum untuk pulang ke rumah bisa jadi cukup mahal. Terkadang harganya dua kali lipat dari harga normal. Pembelian tiket secara kompetitif satu bulan sebelum keberangkatan merupakan solusi yang banyak digunakan oleh para traveller. 

Tidak baik membicarakan cara pulang dan tidak memberikan tips pulang dengan selamat untuk memastikan tujuan aman. Tips ini memang sepele sehingga banyak orang yang mengabaikannya, namun mengabaikannya akan membahayakan nyawa Anda. Hal ini tidak hanya akan dirasakan oleh Anda saja, namun juga oleh seluruh penumpang dan anggota keluarga yang Anda tumpangi. 

Tips  agar bisa pulang dengan selamat sampai tujuan 

Barang-barang yang perlu dibawa saat pulang kampung: 

Kartu Tunai, KTP, STNK, SIM. Kartu kredit, kartu transaksi non tunai atau non tunai untuk memudahkan pembelian bahan makanan dan bahan bakar. 

Tempatkan powerbank atau charger di dalam mobil Anda agar alat komunikasi (ponsel) Anda tetap menyala karena segala informasi dapat diperoleh melalui telepon genggam Anda. Bantal leher untuk mengurangi nyeri  leher saat menggunakan bus, taksi, dan mobil pribadi 

Harap membawa jaket atau pakaian hangat karena angin selama perjalanan dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Ponsel dan alat  mendengarkan musik agar Anda tidak bosan saat bepergian. 

Ini adalah kipas portabel kecil yang dapat dibawa kemana saja. Jika Anda membawa anak kecil, kipas angin listrik mini ini akan berguna saat bagian dalam mobil terasa panas. 

 Jika Anda mempunyai masalah dengan mobil Anda di malam hari, senter bisa sangat membantu. 

Kotak pertolongan pertama yang berisi obat-obatan oral dan topikal, seperti obat anti inflamasi, jika terjadi cedera. Perlengkapan kendaraan seperti obeng, kunci pas, dongkrak, pompa, dan lain-lain, atau perlengkapan mobil dan sepeda motor bila menggunakan kendaraan pribadi. 

Pulang ke rumah dengan angkutan umum 

Aman untuk naik bus atau taksi dalam perjalanan pulang. Jika Anda lapar atau mabuk sepanjang perjalanan, Anda akan mendapat cukup  makanan dan obat-obatan. Hubungi beberapa agen perjalanan untuk mengetahui apakah kondisi kendaraan Anda sesuai standar dan memilih transportasi umum yang aman. Jika kendaraan  tidak layak pakai, mohon jangan digunakan karena risiko kecelakaan sangat tinggi. 

Pulang ke rumah dengan mobil pribadi 

Jika Anda menggunakan kendaraan sendiri seperti mobil atau sepeda motor, harap membawa barang sendiri (lihat di atas). Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan adalah kendaraan Anda harus diservis terlebih dahulu di bengkel atau dealer. Pastikan semuanya diperiksa mulai dari mesin, oli, cairan radiator hingga kondisi baut pada setiap ban mobil atau motor Anda. 

Hal-hal yang perlu diingat ketika kembali ke rumah 

Wajib bagi pengemudi atau operator kendaraan untuk istirahat yang cukup. Kelelahan yang berlebihan saat mengendarai mobil atau sepeda motor dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Saat melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya pengemudi beristirahat di spot atau  titik tertentu untuk menghindari kelelahan. Setiap kali kendaraan berhenti atau istirahat, usahakan untuk memastikan apakah kendaraan  masih dalam kondisi aman. Jika Anda merasa ada masalah pada salah satu bagian mobil Anda, jangan memaksakan diri untuk pergi ke bengkel terdekat untuk mengatasi masalah tersebut. 

Tips mudik ini hanyalah beberapa hal yang saya lakukan agar tetap aman saat bepergian. Jangan abaikan hal-hal kecil. Sebab, hal  kecil ini berakibat fatal. Kami berharap perjalanan pulang anda selalu aman dan lancar serta anda dapat kembali bekerja setelah berkumpul bersama keluarga untuk merayakan  Idul Fitri 2017 1438 H.

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa