Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa SMA

 buatkan artikel tentang Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa SMA


Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa SMA


Penggunaan teknologi pembelajaran telah menjadi trend yang semakin populer dalam pendidikan, terutama dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa SMA. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berbicara, dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.


Penelitian yang dilakukan oleh Melati et al. (2023) menunjukkan bahwa penggunaan metode pengajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi memfasilitasi pengukuran dan pemantauan kemajuan siswa dengan lebih efisien dan memungkinkan perkembangan kemampuan berbicara yang lebih aktif.


Selain itu, penelitian lainnya yang dilakukan oleh Kurniawan et al. (2023) menunjukkan bahwa penggunaan teknologi pembelajaran blended learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran blended learning dapat diterapkan pada mata pelajaran apa pun, termasuk mata pelajaran bahasa Inggris.


Penggunaan teknologi pembelajaran juga dapat meningkatkan akses siswa ke sumber daya belajar dan memfasilitasi aplikasi pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Santosa et al. (2023) menunjukkan bahwa teknologi informasi dapat memberikan akses mudah ke sumber daya belajar dan memfasilitasi aplikasi pembelajaran bahasa Inggris, sehingga meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.


Dalam sintesis, penggunaan teknologi pembelajaran dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris pada siswa SMA. Teknologi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berbicara, dan kemandirian belajar siswa, serta memfasilitasi pengukuran dan pemantauan kemajuan siswa dengan lebih efisien. Oleh karena itu, penggunaan teknologi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA perlu diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Penggunaan Teknologi Pembelajaran, Hasil Belajar Bahasa Inggris, Siswa SMA.


Citations:

[1] Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan ... - Neliti https://www.neliti.com/id/publications/258723/pengaruh-penggunaan-media-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dengan-prestasi

[2] [PDF] PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ... https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/download/848/1531

[3] (PDF) Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan ... https://www.researchgate.net/publication/329274138_Pengaruh_Penggunaan_Media_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_TIK_dengan_Prestasi_Belajar_Bahasa_Inggris_Peserta_Didik_Kelas_X_di_SMAN_I_Dekai_Kabupaten_Yahukimo

[4] PENGARUH METODE PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI ... https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19618

[5] (PDF) Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran ... https://www.researchgate.net/publication/375618684_Peran_Teknologi_Informasi_dalam_Meningkatkan_Pembelajaran_Bahasa_Inggris

Comments