Khotbah Minggu: Halaman Kristen oleh Matthew Dharmani

Pati -  A Rima Mustajab - Ikrek Official - Khotbah Minggu: Halaman Kristen oleh Matthew Dharmani - Sisi Kristen (2 Petrus 2:17-22). Semua orang pasti senang jika tamannya tertata dengan baik, apalagi jika ada tanaman bunga dan  kolam ikan yang membuat taman semakin indah. Namun, betapapun indahnya taman Anda, tidak akan ada  yang mau tinggal di sana. Karena yang namanya peternakan di luar rumah (ada yang punya peternakan di dalam ruangan rumah?). Di taman berangin, Anda bisa masuk angin, dan taman bisa dingin atau panas di  siang hari. HALAMAN adalah tempat orang datang dan pergi. Demikian pula, Tuhan tidak ingin kita menjadi orang-orang Kristen yang tinggal di taman. Siapa yang disebut Halaman Kristen? 

Lihat populasi umat Kristen saat ini di dunia dan Indonesia 

 Katolik Roma: Gereja Katolik Roma saat ini  merupakan denominasi Kristen terbesar di dunia, dengan lebih dari satu miliar anggota dan hampir separuh populasi Kristen dunia. 

Protestan: Ada sekitar 800 juta  Protestan (37%) di seluruh dunia. Protestantisme saat ini terbagi menjadi sekitar 41.000 organisasi dan denominasi yang tumpang tindih. Protestantisme Evangelis (termasuk  Pentakosta dan Karismatik) mengklaim memiliki sekitar 600 juta anggota. 

Ortodoksi / 1. Mematuhi aturan dan ajaran. 2 Ortodoks. Pandangan lama: Ada sekitar 260 juta umat Kristen Ortodoks di dunia  (12%) 

Umat ​​​​Kristen lainnya (Mormon, Saksi Yehova, dll.) merupakan 1% dari total populasi Kristen dunia. 

Umat ​​​​Kristen menyebar ke seluruh dunia 

Hampir setengah (48%) dari seluruh umat Kristen tinggal di 10 negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Tiga dari 10 negara besar tersebut berada di benua Amerika (Amerika Serikat (246,78 juta orang (79,5% populasi)), Brasil (175,77 juta orang (90,2% populasi)), dan Meksiko (107,78 juta orang). (95 % dari populasi)) 2 di Eropa (Rusia (105 juta/73,6%) dan Jerman), 2 di Asia-Pasifik (Filipina dan Tiongkok), dan 3 di  Afrika Sub-Sahara (Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia ) dan melambangkan Susunan Kristen. Ada 45 juta orang Kristen di Inggris. 

Populasi Kristen di Indonesia saat ini 

Ada 56.000 gereja di Indonesia, kata Wakil Presiden Yusuf Kalla di depan 700 pendeta pada konferensi gereja di Makassar pada tahun 2016.  Tabernakel (Tabernakel Suci) 

Taman adalah tempat yang ramai, jadi siapa pun bisa masuk dan melakukan apa pun yang mereka inginkan. 

Di pelataran Kemah Suci terdapat mezbah korban bakaran dan rumput laut, tempat dilakukannya pengakuan dosa dan persembahan setiap hari. 

Siapa yang disebut  Halaman Kristen? 

1. Orang Kristen yang tidak mau bertumbuh 

cat. Semua makhluk hidup  di bumi perlu tumbuh. Jika suatu makhluk tidak tumbuh maka disebut makhluk mati. Tanda Seorang Kristen Tidak Ingin Bertumbuh 

Saya langsung merasa "puas". 

Skeptis: Suatu sifat/sikap yang  menimbulkan rasa ketidakpercayaan atau ketidakpercayaan, dan kecenderungan untuk berhati-hati dalam bertindak. 

 Apatis: Kualitas tidak percaya pada kesuksesan atau perubahan. 

Kondisi Pertumbuhan I Korintus 3:6-7…. 

Paulus adalah seorang penanam… ada seorang penanam proklamasi Firman Tuhan. (Roma 10:14-15) Apolos yang mengairi…tidak hanya mengairi tetapi juga memupuk, Tuhan  memberi pertumbuhan.  Mengapa kita perlu bertumbuh? Untuk melindungi otot rohani kita. 

Tuhan tidak pernah menjanjikan bahwa umat Kristiani akan terbebas dari kesulitan, namun Dia telah menyediakan berbagai sumber untuk membantu kita  menghadapi kesulitan tersebut. 

Untuk melindungi kita dari dosa (Lukas 4:13) 

Iblis sering melemparkan anak panah untuk menjatuhkan kita. Oleh karena itu, jika kita tidak bertumbuh secara rohani, kita akan terjatuh dan tidak dapat bangkit kembali. 

Untuk membantu kita mengungkapkan Kristus kepada orang lain. Suka atau tidak suka, kehidupan kita sebagai orang Kristen selalu menarik perhatian orang lain, tapi kenapa? Mencari kesalahan...contoh. Danel tidak pernah melakukan kesalahan...Raja Darius menganggapnya salah dalam ibadahnya (Dan 6:11-12). 

2. Lukas Christian / Entah panas atau dingin (Wahyu 3:16) 

Iman berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi. Kata-kata “cerah, tidak kering, tidak basah, tidak basah” akan mengganggu teman dan orang lain. 

Tidak bertanggung jawab atas tugasnya sendiri. 

Benar-benar tidak mau bertobat (2 Petrus 2:22) 

3. Umat Kristiani yang meragukan keselamatannya 

Ada dua aliran pemikiran dalam hal keamanan. 

1. Perspektif Armenia 

(Jacobus Armenius, Belanda 1560-1609) Artinya, tindakan manusia mempunyai otoritas yang lebih besar daripada kedaulatan Tuhan, dan bukannya manusia tunduk pada tindakan ilahi, namun Tuhan tunduk pada tindakan manusia. Artinya keselamatan datang bukan melalui kasih Tuhan, melainkan melalui tindakan manusia. Harus dilestarikan agar tidak hilang = keselamatan bisa hilang. Contoh: Jika Anda berdosa dan tidak mempunyai waktu untuk bertobat dan mati, keselamatan Anda hilang. cat. Orang Armenia mengatakan bahwa jika Anda hidup sekarang, Anda dapat berbuat dosa di kemudian hari, dan ketika Anda menjadi tua dan ingin mati, Anda hanya perlu bertobat demi keselamatan Anda. 

2. Pandangan Calvin 

(John Calvin, Perancis 1509-1564) Kebobrokan total menyatakan bahwa setiap aspek umat manusia (tubuh, jiwa, dan roh) telah terkontaminasi oleh dosa. Oleh karena itu, seseorang tidak dapat datang kepada Tuhan atas kemauannya sendiri. Kejatuhan menyatakan, sebagian, bahwa setiap aspek umat manusia telah terkontaminasi oleh dosa, namun tidak sampai sedemikian rupa sehingga manusia tidak dapat percaya kepada Tuhan atas kemauannya sendiri. Artinya keselamatan  tidak diperoleh melalui perbuatan manusia, melainkan hanya karena rahmat Tuhan, artinya keselamatan  tidak pernah hilang atau kekal. Contoh: Anda berbuat dosa lalu mati, namun Anda tetap selamat karena Allah bukanlah Tuhan yang berubah-ubah dan keselamatan yang diberikan-Nya kepada kita tidak dapat dibatalkan. cat. Yang hilang bukanlah keselamatan melainkan mahkota. cat. Kalvinis mengatakan Anda aman jika Anda hidup tanpa dosa. 

3. Pandangan Protestan tentang keselamatan 

Efesus 2:8-9 Keselamatan adalah karena kasih karunia/pemberian hanya melalui iman kepada Yesus Kristus 

Berbuat baik, rela memberi, dan hidup saleh adalah buah keselamatan, bukan berbuat baik untuk mencapai keselamatan/surga. 

Sertifikat kelulusan : 

Orang-orang di pihak ini tentu berada dalam posisi yang rentan, seperti halnya Israel yang mengembara di padang gurun karena hatinya yang keras, suka mengeluh, hidup dalam dosa, dan hidup sebagai anak-anak rohani. Memang anak-anak rohani ini rentan terhadap ajaran sesat Efesus 4:14, rentan terhadap godaan dunia, dan sering berperang dan mencobai kejahatan seperti 1 Korintus 3:3.Mudah dikalahkan. Oleh karena itu, masa depan keluarga Page tidak pasti. Hati Haraman masih terpecah, namun sulit menilai apakah masyarakat Haraman akan mampu tetap setia sampai akhir. Oleh karena itu, janganlah tetap menjadi anak yang rohani, tetapi bangkitlah lebih tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa