buatkan artikel tentang
Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA pada Siswa SMP
**Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA pada Siswa SMP**
Pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA. Salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar yang sangat efektif karena perhatian siswa lebih mudah dipusatkan pada proses belajar dan tidak tertuju pada hal-hal lain[4].
Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode demonstrasi memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami konsep IPA dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode lain[3].
Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar komunikatif, respon peserta didik, aktivitas belajar, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran, serta meningkatkan respon dan aktivitas siswa dalam pembelajaran[3].
Selain itu, metode demonstrasi juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa siswa yang diajar dengan metode demonstrasi memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode lain[2].
Dalam kesimpulan, metode demonstrasi dapat dianggap sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SMP. Oleh karena itu, guru harus memilih metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
### Referensi
1. Yuspita, Skripsi (2014). Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD N Bengkayang.
2. MENGUKUR EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA.
3. Efektivitas Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan.
4. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Demonstrasi.
5. Efektivitas metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran IPA untuk siswa tunanetra SMP.
Citations:
[1] [PDF] EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI ... http://repository.iainbengkulu.ac.id/6884/1/skripsi%20%20asli%20lengkap%20eka.pdf
[2] [PDF] MENGUKUR EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ... http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/download/308/293
[3] [PDF] Efektivitas Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran ... http://etd.uinsyahada.ac.id/7759/1/1720500014.pdf
[4] [PDF] Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode ... https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/2134/2/T1_262010824_BAB%20I.pdf
[5] [PDF] efektivitas metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran ipa ... https://journal.uml.ac.id/SJ/article/download/674/806
Apa saja kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA
Metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:
### Kelebihan Metode Demonstrasi:
1. **Membuat Pengajaran Jelas dan Konkret**: Metode demonstrasi dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan konkret, sehingga menghindarkan verbalisme dan memahami obyek yang sebenarnya[5].
2. **Meningkatkan Aktivitas Belajar**: Demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan membuat mereka aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan mencoba melakukannya sendiri[5].
3. **Meningkatkan Motivasi Belajar**: Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan pengalaman praktis yang dapat membuat perasaan dan kemauan anak[5].
4. **Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis**: Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan membuat mereka berpikir sistematis dan mencari jawaban atas pertanyaan[3].
5. **Meningkatkan Hasil Belajar**: Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat mereka lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran[1][2].
### Kekurangan Metode Demonstrasi:
1. **Memerlukan Keterampilan Guru**: Metode demonstrasi memerlukan keterampilan guru secara khusus, sehingga tanpa ditunjang dengan hal itu, pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif[5].
2. **Memerlukan Fasilitas**: Demonstrasi memerlukan fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai, sehingga jika tidak tersedia dengan baik, metode ini kurang efektif[5].
3. **Memerlukan Kesiapan dan Perencanaan**: Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang, di samping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran lain[5].
4. **Sulit Dilaksanakan**: Demonstrasi sulit dilaksanakan apabila anak belum matang untuk melakukan demonstrasi[5].
Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi, guru dapat menggunakan metode ini secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Citations:
[1] [PDF] efektivitas metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran ipa ... https://journal.uml.ac.id/SJ/article/download/674/806
[2] [PDF] JISIP, Vol. 2 No. 1 ISSN 2598-9944 Maret 2018 Jurnal Ilmu Sosial dan ... https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/download/249/240
[3] [PDF] Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode ... https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/2134/2/T1_262010824_BAB%20I.pdf
[4] [PDF] BAB II LANDASAN TEORI http://repo.uinsatu.ac.id/10850/5/BAB%20II.pdf
[5] Kelebihan dan Kekurangan Metode demonstrasi - JEJAK PENDIDIKAN http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/kelebihan-dan-kekurangan-metode.html
Comments