Apa saja strategi komunikasi persuasif yang digunakan Gus Iqdam dalam channel YouTube-nya

 Apa saja strategi komunikasi persuasif yang digunakan Gus Iqdam dalam channel YouTube-nya


Gus Iqdam menggunakan beberapa strategi komunikasi persuasif dalam channel YouTube-nya, termasuk:


1. **Al-Manhaj al-‘AqlĪ (Strategi Rasional)**: Gus Iqdam menggunakan logika dan akal pikiran untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Strategi ini berfokus pada penjelasan yang rasional dan logis[1][5].


2. **Al-Manhaj al-‘AṭhifĪ (Strategi Sentimental)**: Gus Iqdam menggunakan emosi dan perasaan untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Strategi ini melibatkan penggunaan bahasa yang santun dan nasihat yang diselipkan dengan candaan[5].


3. **Al-Manhaj al-HissĪ (Strategi Indrawi)**: Gus Iqdam menggunakan panca indra, terutama indra pendengaran dan penglihatan, untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Strategi ini melibatkan penggunaan contoh nyata dan visual yang menarik[5].


4. **Maw’izah al-Hasanah**: Gus Iqdam menggunakan retorika untuk menyampaikan pesan dakwahnya dengan cara yang mudah dimengerti dan menarik. Strategi ini melibatkan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan humor dalam dakwahnya[1][2].


5. **Adaptasi Bahasa dan Konteks**: Gus Iqdam sering menggunakan bahasa Jawa krama dan memasukkan humor dalam dakwahnya, yang membuat mad’u lebih mudah memahami dan merespons pesan dakwahnya[2][5].


Strategi-strategi ini membantu Gus Iqdam dalam menyampaikan pesan dakwahnya dengan efektif melalui channel YouTube-nya.


Citations:

[1] [PDF] Retorika dakwah dan Komunikasi persuasif Gus Iqdam dalam ... http://digilib.uinkhas.ac.id/34306/1/TESIS%20BAGUS%20AHMAD%20FAOZAN.pdf

[2] [PDF] DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Dakwah Gus Iqdam Pada ... https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/mukammil/article/download/183/148

[3] Gus Iqdam Official - YouTube https://www.youtube.com/%40gusiqdamofficial1024

[4] Dakwah Virtual: Retorika Dakwah dan Komunikasi Persuasif Gus Iqdam ... http://digilib.uinkhas.ac.id/34306/

[5] [PDF] strategi dakwah agus muhammad iqdam kholid pada generasi z ... http://etheses.uingusdur.ac.id/7677/1/3420111_Cover_Bab%20I%20%26%20Bab%20V.pdf

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa