Bagaimana cara media sosial mempengaruhi kualitas interaksi sosial siswa di sekolah
Media sosial mempengaruhi kualitas interaksi sosial siswa di sekolah dengan beberapa cara:
1. **Meningkatkan Interaksi dan Kolaborasi**:
- Melalui platform media sosial, siswa dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan sesama siswa, guru, atau ahli di bidang tertentu.
- Mereka dapat berbagi pemikiran, ide, dan sumber daya pembelajaran, serta melakukan diskusi dan proyek kolaboratif[1].
2. **Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis**:
- Media sosial dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri, menciptakan karya, dan mengkritisi informasi.
- Siswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat konten yang relevan dengan materi pelajaran, seperti blog, video, podcast, infografis, dan lain-lain[1].
3. **Memperluas Jangkauan Pembelajaran**:
- Media sosial dapat membantu siswa mengakses informasi dan sumber belajar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
- Siswa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengikuti kelas online, bergabung dengan komunitas belajar, dan menghubungi pakar di bidang tertentu[1].
4. **Menimbulkan Gangguan dan Pemborosan Waktu**:
- Media sosial dapat menjadi sumber distraksi yang mengganggu konsentrasi dan produktivitas siswa.
- Siswa dapat tergoda untuk menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial untuk melihat hal-hal yang tidak penting, seperti gosip, meme, atau video lucu[1].
5. **Menyebabkan Kesulitan Membedakan Informasi Valid dan Tidak Valid**:
- Media sosial dapat menjadi sarana penyebaran informasi yang tidak valid, tidak akurat, atau menyesatkan, seperti hoax, propaganda, atau hate speech.
- Siswa yang tidak memiliki literasi media yang cukup dapat mudah terpengaruh atau tertipu oleh informasi tersebut[1].
6. **Mengalihkan Perhatian dari Pembelajaran Tradisional**:
- Media sosial dapat membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran tradisional yang menggunakan buku, catatan, atau papan tulis.
- Siswa dapat merasa bosan atau tidak terlibat dengan metode pembelajaran tersebut, dan lebih memilih untuk menggunakan media sosial yang lebih menarik dan interaktif[1].
Dalam menggunakan media sosial, penting untuk mengawasi siswa dalam menggunakan gadget di sekolah dan memberikan pengarahan tentang pentingnya menggunakan media sosial yang benar sehingga bisa bermanfaat bagi siswa-siswinya[1].
Citations:
[1] Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Pembelajaran di ... https://harapanbangsatamora.sch.id/bagaimana-media-sosial-mempengaruhi-pembelajaran-di-kelas/
[2] [PDF] DAMPAK SOSIAL MEDIA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/download/14610/8690
[3] Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial dan ... https://www.kompasiana.com/johana65336/646ced9d08a8b570b44e92a2/dampak-penggunaan-media-sosial-terhadap-interaksi-sosial-dan-kesejahteraan-psikologi-pada-remaja?page=2&page_images=1
[4] [PDF] PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MEMPENGARUHI KEMAMPUAN ... https://ejournal.upnvj.ac.id/Gantari/article/download/4858/pdf
[5] [PDF] Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa (Oleh https://kalsel.kemenag.go.id/files/file/artikelprakom/15162891659956.pdf
Comments