Bagaimana cara guru dapat mempersiapkan diri untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah

 Bagaimana cara guru dapat mempersiapkan diri untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah


Guru dapat mempersiapkan diri untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan beberapa cara:


1. **Merancang dan Menggunakan Permasalahan Nyata**: Guru harus merancang dan menggunakan permasalahan yang ada di dunia nyata sehingga siswa dapat menguasai hasil belajar. Guru harus mempertimbangkan bagaimana siswa dapat menguasai permasalahan tersebut[1].


2. **Menjadi Pelatih Siswa**: Guru harus menjadi pelatih siswa dalam proses pemecahan masalah, pengarahan diri, dan belajar dengan teman sebaya. Guru harus memfasilitasi proses pembelajaran berbasis masalah dan mengembangkan keterampilan inkuiri[1].


3. **Mengembangkan Strategi Pemecahan Masalah**: Guru harus melatih siswa tentang strategi pemecahan masalah, seperti pemberian alasan yang mendalam, metakognisi, berfikir kritis, dan berfikir secara sistem. Guru harus menjadi perantara proses penguasaan informasi dan mengakses sumber informasi yang beragam[1].


4. **Menyiapkan Lingkungan Belajar**: Guru harus menyediakan lingkungan belajar yang memungkinkan self-regulated dalam belajar pada diri siswa. Guru harus mengarahkan siswa untuk mengajukan masalah dan memperluas masalah, serta memberikan beberapa situasi masalah yang berbeda-beda[1].


5. **Menggunakan Pembelajaran Kooperatif**: Guru dapat menggunakan pembelajaran kooperatif, seperti reciprocal teaching, untuk membangkitkan motivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar[1].


6. **Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis**: Guru harus mengembangkan disposisi berpikir kritis pada siswa dengan cara mengajukan masalah yang berbentuk open-ended dan memberikan contoh cara merumuskan dan mengajukan masalah dengan beberapa tingkat kesukaran[1].


Dengan demikian, guru dapat mempersiapkan diri untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah yang efektif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Citations:

[1] [PDF] PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH - Jurnal UPI https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/download/3102/2124

[2] Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah - Guruinovatif.id https://guruinovatif.id/artikel/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah-meningkatkan-keterampilan-siswa-dalam-pemecahan-masalah

[3] [PDF] Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam ... https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/download/1506/1025

[4] Peran Guru dalam Pembelajaran BERBASIS MASALAH https://www.mediabook.id/2024/05/peran-guru-dalam-pembelajaran-berbasis.html

[5] PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK ... https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/64

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa