5 Cara Menjaga Perasaan Orang Lain, Hati-hati Bercanda!

Pati, Ikrek Official -  Cara Menjaga Perasaan Orang Lain, Saat Bercanda -  Jika Anda hidup berdampingan sebagai makhluk sosial, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan masyarakat. Tak terkecuali dalam cara berkomunikasi. Jadilah orang yang bisa menjaga perasaan antar sesama.



Jika Anda memperlakukan orang lain dengan baik, orang lain akan memperlakukan Anda sama. Jika Anda mempertimbangkan perasaan orang lain, orang akan menghormati Anda juga. Nggak harus neko-neko, kamu bisa menjaga perasaan orang lain dengan 5 cara sederhana ini.

1. Jangan bercanda tentang kesalahan orang lain

Setiap orang selalu memiliki sisi buruk. Misalnya, secara fisik dia terlihat sedikit berbeda dari orang-orang di sekitarnya. Tentu saja, tidak ada orang yang menginginkan penampilan luar seperti ini. Cara mudah menjaga perasaan orang lain adalah dengan tidak mengolok-olok kekurangannya. Baik cacat fisik maupun cacat dalam istilah lainnya. Teruslah perlakukan dia dengan baik sebagaimana Anda memperlakukan orang-orang di sekitar Anda.

2. Hormati perbedaan budaya selama tidak mengganggu Anda

Perbedaan budaya selalu dan di mana-mana. Hal ini dikarenakan masyarakat di daerah tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Tapi juga tidak bijaksana untuk mengomentarinya.

Ini adalah cara menjaga perasaan orang lain. Hormati budaya dan adat istiadat mereka, meskipun itu tidak mengganggu Anda. Namun, budaya dan adat istiadat merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. 

3. Kesopanan Kata-kata

Kualitas kepribadian seseorang diukur dari cara berbicaranya. Jika berbicara kasar, masyarakat juga memiliki pandangan yang berbeda. Terutama ketika kata-katamu menyakitkan.

Cara menghargai perasaan seseorang adalah dengan mengucapkan kata-kata secara terbuka. Sebelum Anda berbicara, pikirkan baik-baik implikasinya. Termasuk mempertimbangkan apakah perkataan itu menyinggung orang lain atau tidak.

4. Jangan menyela pembicaraan orang lain

Bagaimana perasaan Anda jika pikiran Anda terputus di tengah jalan? Perasaan kecewa dan kurangnya penghargaan harus menang. Seringkali seseorang berkembang menjadi orang yang tidak lagi mempercayai masa depan.

Ini adalah pelajaran penting dalam belajar menghargai perasaan orang lain. Salah satunya tanpa menyela pembicaraan. Jika Anda ingin memberikan pendapat Anda, dengarkan dia sampai dia selesai lalu berikan jawaban Anda.

5. Jangan mengkritik siapa pun di depan umum

Anda sering harus berurusan dengan fenomena ini. Anda mengkritik seseorang di depan umum tanpa memikirkan konsekuensinya. Meski bentuk kritik ini memalukan. Termasuk menyakiti perasaan orang lain.

Mulai sekarang belajarlah untuk peduli dengan perasaan orang lain. Itu tidak harus menjadi kebiasaan yang sulit. Anda bisa menghargai perasaan seseorang dengan tidak mengkritiknya di depan umum. Jika ada yang tidak sesuai, kritiklah secara pribadi.

Ketika kamu hidup berdampingan dengan banyak orang, kamu harus bisa mempertimbangkan perasaan satu sama lain. Jangan pernah menjadi orang egois yang akhirnya dibenci semua orang. Anda mampu mempertimbangkan perasaan orang lain, Anda akan diperlakukan sama. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa