Cara Tanam Kacang Tanah yang Betul dan Mudah - Autiya

Pati - Autiya Nila Agustina -  Bagaimana cara menanam kacang dengan benar? Artikel ini akan membahas cara yang tepat untuk menanam tanaman ini.



Tepatnya, kacang adalah semak asli Amerika Selatan, Brasil. Kacang adalah salah satu sumber makanan utama di dunia. Ini juga salah satu kacang yang paling banyak ditanam. Kacang tanah (Arachis hypogaea (L.) Merr.) ditanam di daerah gersang. Budidaya kacang tanah pada saat itu menyebar ke lahan sawah, yaitu pada saat lahan terlalu kering untuk ditanami padi (Rahmianna et al. 2013).

kondisi pertumbuhan

Jenis tanah yang baik untuk kacang tanah adalah lempung berpasir, gembur, subur. Jika Anda menggunakan tanah liat, kacang sulit membentuk lubang setelah berbunga. Keasaman tanah (pH) yang cocok untuk kacang tanah adalah 6,5 sampai 7,0 (Rahmianna et al. 2013). Untuk meningkatkan pH tanah, terutama tanah yang sangat masam, dilakukan pengapuran dengan takaran 2 ton/ha tidak lebih dari 1 bulan sebelum tanam. Ketersediaan air dalam tanah sangat penting. Tanpa air, tumbuhan akan layu dan mati. Namun, tanahnya tidak boleh terlalu becek, terutama saat mengisi polong sebelum panen.

Iklim

Tempat yang ideal untuk pertanian yang optimal adalah antara 50 dan 500 m di atas permukaan laut. Namun pohon ini masih bisa tumbuh di bawah ketinggian 1.500 m dpl.

Curah hujan harus antara 800 dan 1.300 mm/tahun. Curah hujan yang berlebihan akan mempersulit serangga untuk melakukan penyerbukan dan meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman buncis. Suhu udara ideal sekitar 28-320C. Ketika suhu di bawah 100°C, tanaman berhenti tumbuh. Kelembaban udara berfluktuasi antara 65 - 75%.

Paparan sinar matahari yang cukup diperlukan untuk tanaman ini, terutama untuk kesuburan daun dan pengisian kacang tanah. Karena itu, kacang tidak suka di bawah atap. Biji

Syarat untuk memiliki kacang yang enak adalah:

Dari tanaman baru dan varietas sehat

Viabilitas tinggi (lebih dari 90%) dan sehat

Kulit biji mengkilat, bebas kerutan dan noda

Kadar air benih bervariasi dari 9 hingga 12%.

bangunan batas

Pembukaan dilakukan dengan cara membajak dan menggali untuk menghilangkan semua gulma (gulma) dan akar tanaman sebelumnya, serta untuk memperlancar pertumbuhan akar dan menghilangkan ulat-ulat yang sakit.

Budaya

Buat kontur selebar 80 cm yang panjangnya disesuaikan dengan ukuran medan. Batas ketinggiannya adalah 20 hingga 30 cm. Alur harus disediakan di antara batas. Pada tanah yang subur, kacang polong disemai berjajar dengan jarak tanam 20 x 20 cm dengan cara dilubangi dan dimasukkan benih ke dalam lubang tersebut.

Wawancara

Penyiangan dilakukan dua kali pada umur 1 minggu dan umur 6 minggu dengan hati-hati agar tidak merusak bunga dan buah. Budidaya bedengan dilakukan bersamaan dengan penyiangan untuk tujuan mulsa.

Penyiraman dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah. Untuk menjaga kelembaban pada musim kemarau dapat digunakan mulsa (jerami dan sejenisnya). Hindari penyiraman jika tanaman sudah berbunga. Hal ini karena dapat mengganggu penyerbukan

Biasanya pemupukan dilakukan dalam 2 fase, masa tanam dan masa berbunga dengan dosis 10 gram/tanaman. Pupuk organik dapat diberikan 1 minggu sebelum tanam.

hama

Hama umum yang menyerang kacang tanah adalah cacing tanah, ulat grayak, dan kumbang.

Pengendalian hama meliputi pelonggaran tanah yang tepat, pencampuran dengan kompos matang, penanaman serentak, dan penyiangan yang dalam. Jika pohon yang berbiji mati, maka harus segera dimusnahkan agar tidak menulari tanaman lain  

Sakit

Penyakit yang sering terjadi pada kacang tanah adalah layu yang disebabkan oleh Xanthomonas solanacearum dan bercak daun yang disebabkan oleh Cercospora personata dan Cercospora arachidicola. Pengendalian penyakit ini melalui pergiliran tanaman atau pergantian tanaman dengan tanaman lain setelah panen. Jika memungkinkan, gunakan varietas yang tahan penyakit dan gunakan pestisida secukupnya. Ketika pohon itu mati karena penyakit, ia dihancurkan dengan cara dibakar agar tidak menyebar.

Memanen

Umur panen tanaman buncis tergantung jenisnya, umur pendek ± 3-4 bulan dan umur panjang ± 5-6 bulan. Ciri-ciri biji siap panen adalah:

Batangnya mulai mengeras

Daun menguning dan sebagian mulai rontok,

Polongnya penuh dan keras.

Warna cangkangnya coklat tua.

Kami harap artikel ini akan memberi Anda cara menanam kacang tanah yang benar. 

Rujukan:

Rahmianna, A. A., Pratiwi, H., Harnowo, D. 2013. Budidaya Kacang Tanah. Monograf Balitkabi No. 13. Malang.

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa