Buah – Pengertian, Jenis Buah, Bagian, Fungsi & Buah Unik di Dunia

Pati, rimamustajab.online -Buah – Pengertian, Jenis Buah, Bagian, Fungsi & Buah Unik di Dunia- Dalam dunia botani, buah adalah benih tanaman berbunga. Buah-buahan ada yang bisa dimakan, tetapi ada juga yang tidak bisa dimakan karena rasanya yang tidak enak bahkan mengandung racun.



Buah yang dapat dimakan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan sebagai sumber pangan. Bahkan manusia menjadi sangat bergantung pada buah untuk nutrisi tertentu.

Definisi buah

Dalam bahasa umum, "buah" cenderung dipahami sebagai bagian dari tumbuhan yang berdaging, dapat dimakan, rasanya asam manis. Beberapa contoh buah antara lain jeruk, apel, mangga, pisang, jambu biji, lemon, strawberry, dan lain-lain.

Namun dalam botani, kata "buah" tidak hanya digunakan untuk menggambarkan bagian tanaman yang dapat dimakan, tetapi memiliki arti yang lebih luas. Nyatanya, beberapa hal yang menurut kami biasanya tidak akan kami masukkan ke dalam kategori buah memang termasuk dalam kategori buah. Contohnya termasuk tomat, quinoa, biji jagung, dan kacang polong.

1. Botani

Secara botani, buah sebenarnya adalah organ pada tumbuhan berbunga yang muncul dari perkembangan terus-menerus bakal buah (ovarium). Buah adalah organ yang menyelubungi dan melindungi benih yang terlibat dalam fungsi utama buah, yaitu penyebaran benih pada tumbuhan berbunga. Walaupun pada beberapa tumbuhan terdapat biji yang tidak dihasilkan dari buahnya.

Sebagian besar tanaman memiliki buah yang terdiri dari ovula yang berkembang dan jaringan di sekitarnya.

2. Berkebun/Pertanian/Makanan

Dalam konteks pertanian, pengertian buah jauh lebih luas dan tidak terbatas pada indung telur tetapi buah juga dapat muncul dari perkembangan organ tubuh lainnya.

Ilmu hortikultura menyatakan bahwa buah adalah bagian dari tanaman di atas tanah yang tumbuh besar, seringkali berdaging, dan mengandung banyak air.

3. Buah Menurut KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan buah sebagai bagian dari tumbuhan yang timbul dari bunga atau putik dan biasanya berbiji.

4. Buah menurut ahli

Menurut Sediaoetomo, 2004 (dalam Farida, 2010), buah adalah bagian dari tumbuhan dengan struktur yang mengelilingi biji yang berasal dari bakal buah atau menjadi bagian dari bunga.

1. Buah kering

Buah kering hanya termasuk dalam satu jenis buah, yaitu buah yang terbentuk dari bunga dengan bakal buah dan mengandung satu atau lebih biji. Penampilan buah kering biasanya cukup keras dan memiliki tekstur yang mirip dengan kayu atau kulit kayu kering. Contoh buah kering adalah buah beras, buah geluk, durian, dan kacang-kacangan. 

2. Daging buah

Seperti namanya, buah berdaging seringkali memiliki daging yang bisa dimakan. Tapi ada juga buah yang tidak bisa dimakan. Buah yang berdaging juga terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Buahnya memiliki dinding buah yang terdiri dari 2 lapis. Kedua lapisan ini adalah lapisan luar atau kulit buah tipis dan lapisan dalam atau kulit buah yang tebal dan berair. Contoh buah ini adalah buah belimbing, jambu biji, tomat, dan terong.
  • Buahnya memiliki dinding luar yang lebih tebal dan lebih tahan lama. Saat buah matang, daging buah menggumpal dengan banyak biji. Contohnya adalah timun.
  • Buah batu atau drupa memiliki 3 lapis buah. Kulit luarnya cenderung setipis kulit, kemudian terdapat lapisan dalam yang berdaging atau berserat, di dalamnya terdapat endoderm yang tebal dan keras. Ada juga bagian endoplasma yang bentuknya seperti batu. Contoh buah ini adalah mangga dan kelapa. Mangga memiliki daging mesocarp. Sedangkan mesocarp kelapa berserat. 
  • Buah ganda dibentuk oleh bunga dengan banyak ovarium. Setiap indung telur akan menjadi buahnya sendiri dan kemudian akan dikeluarkan. Perkembangan ovarium ini menyerupai kumpulan buah-buahan yang bentuknya seperti buah. Contoh buah yang banyak adalah sirsak dan murbei.
  • Buah majemuk merupakan hasil pengembangan dari bunga majemuk. Buah ganda terbentuk dari banyak bunga dan ovarium, akhirnya membentuk satu buah. Beberapa contoh buah yang dicangkok adalah jagung, nanas, berirama, dan daun pandan.
  • Buah tanpa biji sangat penting sebagai buah komersial. Pada umumnya buah ini digemari konsumen sehingga harga buah tanpa biji cenderung lebih mahal. Contoh buah tanpa biji adalah pisang dan nanas. Beberapa buah juga memiliki varietas tanpa biji, seperti semangka, anggur, dan jeruk. Varietas tanpa biji umumnya memiliki nilai ekonomi lebih tinggi daripada buah atau biji biasa. Beberapa buah membutuhkan proses pembentukannya sendiri sehingga tidak ada bijinya. Proses ini disebut partenokarpi. Namun pada beberapa buah alami tanpa biji seperti pisang dan nanas, proses penyerbukan dan pembuahan berlangsung normal. bagian buah
  • Buah biasanya memiliki dua bagian utama, yaitu lapisan buah dan bagian dalam yang berisi biji. Septum buah dapat dibagi menjadi 3 lapisan: kulit luar, kulit tengah dan kulit dalam.
  • Kulit buah merupakan lapisan terluar buah yang mengandung pigmen yang menentukan warna dan corak kulit buah.
  • Mesocarp adalah lapisan tengah buah yang dikenal sebagai pulp. Lapisan ini merupakan bagian dari buah yang biasa kita makan. Endocarp adalah lapisan kulit terdalam yang mengelilingi biji buah.

Fungsi buah bagi tumbuhan

Berdasarkan bagian atau golongan buahnya meliputi kulit luar, tengah, dan dalam, buah memiliki manfaat atau fungsi bagi tumbuhan sebagai berikut:

  • Fungsi buah adalah untuk menutupi dan melindungi biji yang ada di dalamnya
  • Fungsi buah adalah untuk menyimpan makanan selama perkecambahan
  • Fungsi dispenser benih buah adalah untuk mendorong regenerasi tanaman

jenis buah

Buah dapat diklasifikasikan menurut sifat dan karakteristiknya, meliputi musim berbuah, iklim atau tempat tumbuh, dan proses pemasakan.

1. Buah Musiman

Buah musiman adalah tanaman yang berbuah pada musim tertentu. Jika tidak tepat waktu, buahnya tidak akan muncul. Contoh buah ini adalah duku, durian, kedondong, mangga, rambutan, dll.

Sedangkan buah di luar musim adalah buah yang dapat tumbuh kapan saja sesuai dengan proses pertumbuhan tanaman seperti pepaya, jambu biji, nanas, pisang...

2. Buah berdasarkan iklim dan tempat tumbuhnya

Tergantung pada iklim dan tempat tumbuhnya, ada kelompok buah tropis dan subtropis. Buah tropis adalah buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis atau hangat, misalnya mangga, nanas, jambu biji, rambutan, dll. Sedangkan buah subtropis adalah buah yang tumbuh dari tanaman di daerah beriklim sedang, seperti durian, salak, kopi, dll.\

3. Buah sesuai dengan proses pemasakan

Menurut proses pemasakan, buah dikelompokkan menjadi iklim dan iklim. Klimakterik adalah buah yang jika dipanen akan terus masak sampai busuk, misalnya pisang, mangga, pepaya, apel, dll.

Sedangkan buah iklim adalah buah setelah panen yang tidak mengalami pematangan dan langsung membusuk, misalnya semangka, nanas, jambu biji, anggur dan lain-lain. Buah unik di dunia

Beberapa buah hanya tumbuh di daerah tertentu, sehingga di bagian lain negara dianggap sebagai buah yang unik dan eksotis. Diantaranya buah-buahan tropis yang banyak tumbuh di Indonesia diantaranya :

1. Sirsak

Daging buah sirsak sangat lembut, teksturnya hampir seperti krim, saat dimakan akan lumer di mulut. Rasa manis dan asam. Banyak orang menyukai rasa yang unik, tetapi jika Anda tidak terbiasa makan, Anda cenderung tidak menyukai rasanya. 

Di Indonesia, sirsak sering dijadikan jus. Hati-hati saat mencicipi buah sirsak. Buang bijinya terlebih dahulu karena mengandung racun.  

2. Nangka

Nangka adalah buah tropis dengan rasa yang sedikit asing bagi orang Barat. Buah nangka, meskipun ukurannya besar, ketika dibuka sebenarnya terdiri dari banyak buah kecil berwarna kuning. Rasanya manis dengan sedikit rasa asam, seperti perpaduan rasa nanas dan mangga.

Menariknya, biji nangka juga bisa dimakan. Biji nangka bisa dikukus, bisa dimasak dengan cara digoreng dan dijadikan camilan.

3. Pisang Merah

Seperti buah jeruk atau merah, pisang merah mengandung beta-karoten yang tinggi. Selain itu, pisang merah juga mengandung potasium dan vitamin C lebih banyak dibandingkan pisang biasa.

4. Durian

Buah durian dikenal dengan aromanya yang sangat pedas. Orang yang tidak terbiasa cenderung tidak menyukai baunya dan bahkan merasa pusing.

Karena bau durian yang menyengat, di beberapa tempat umum dilarang membawa buah durian karena baunya bisa mengganggu orang lain. Aroma buah durian yang kuat sebenarnya berasal dari kandungan belerang organiknya.

5. Jabuticaba

Buah ini asli dari Brazil. Penampilan dan rasanya menyerupai anggur, terutama anggur hitam. Biasanya buah jbuticaba digunakan untuk membuat jeli atau minuman. Kulitnya juga bisa digunakan untuk mengobati asma dengan cara dijemur terlebih dahulu.

6. beri ajaib

Keunikan dari buah berry ajaib terletak pada aftertaste-nya. Setelah makan buah, makanan atau minuman apapun yang dikonsumsi setelahnya akan terasa manis.

7. Tangan Buddha

Namanya unik bukan? Buah ini memiliki bentuk memanjang seperti jari. Kuning cukup cerah. Kulitnya memiliki bau yang menyenangkan, seperti bunga violet.

Bagian dalamnya terlihat seperti daging buah, sedangkan kulitnya terasa seperti kulit lemon. Buah ini sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan, seperti memasak ikan dan salad.

8. Buah padat

Kulit salak yang bersisik membuatnya unik. Teksturnya menyerupai kulit ular, sehingga sebagian orang menyebutnya sebagai buah ular.

Bahkan sebelum dikupas, banyak orang yang takut untuk memakannya. Namun setelah dibuka, rasa manisnya dinikmati banyak orang. Berbeda dengan nangka atau durian, salak memiliki rasa manis yang ringan dan tidak berbau. 

9. Aprikot

O mai memiliki rasa yang disukai banyak orang. Namun, ada yang unik dari buah yang kaya akan vitamin A, C, E dan K ini, yaitu bijinya yang beracun.

Di dalam bijinya terdapat senyawa bernama laetrile yang jika tertelan akan berubah menjadi sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Karena itu, sangat berhati-hati saat mengonsumsi buah jeruk ini. 

10. Almond

Almond diklasifikasikan sebagai kacang-kacangan, tetapi dalam dunia botani juga diklasifikasikan sebagai buah-buahan. Almond umumnya digunakan sebagai campuran dalam banyak makanan, termasuk cokelat dan kue.

Almond tidak dijual bebas karena harus diolah dengan baik dan benar. Jika tidak, zat di dalamnya bisa berubah menjadi sianida. 

11. Cabai

Cabai rawit juga tergolong buah-buahan, meskipun banyak orang menganggap cabai sebagai sayuran juga. Cabai merupakan buah yang unik karena memiliki rasa yang pedas. Ada beberapa jenis cabai yang tidak terlalu pedas, bisa dimakan langsung seperti buah-buahan, namun kebanyakan memiliki rasa yang menyengat.

12. belimbing

Buah ini memiliki bentuk bintang yang sangat unik. Belimbing wuluh mengandung kandungan vitamin C yang melimpah, sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Namun bagi penderita gangguan ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak.  

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa