Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fiqh pada Siswa SMA
Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fiqh pada Siswa SMA
Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fiqh pada Siswa SMA
Penggunaan metode Role Playing dalam proses belajar mengajar telah menjadi trend yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu contoh penggunaan metode Role Playing yang efektif adalah dalam mata pelajaran Fiqh di SMA. Berikut adalah penelitian yang menunjukkan efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan pemahaman konsep Fiqh pada siswa SMA.
Penelitian yang dilakukan oleh Siti Mina Tamah (2017) menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode Role Playing memiliki pemahaman yang lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi Fiqh.
Penelitian lain yang dilakukan oleh Zainul Arifin (2020) juga menunjukkan efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode Role Playing memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi IPS.
Penggunaan metode Role Playing dalam proses belajar mengajar juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian yang dilakukan oleh Sribudi Praptiwi (2022) menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode Role Playing memiliki minat belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan minat belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi Sosiologi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 yang merupakan kelas eksperimen dan kelas X-2 yang merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test berbentuk soal pilihan ganda. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Fiqh pada siswa SMA. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode Role Playing lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi Fiqh.
Dalam kesimpulan, metode Role Playing efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Fiqh pada siswa SMA. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan metode Role Playing dalam proses belajar mengajar Fiqh di SMA. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi Fiqh.
Citations:
[1] [PDF] EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM ... http://repository.radenintan.ac.id/32340/1/SKRIPSI%20BAB%201%20DAN%202.pdf
[2] [PDF] efektivitas penerapan metode role playing http://digilib.uinkhas.ac.id/3812/1/ZAINUL%20ARIFIN_T20159019.pdf
[3] [PDF] 108 EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM ... - Neliti https://media.neliti.com/media/publications/409666-efektivitas-metode-role-playing-dalam-me-f8df18a0.pdf
[4] [PDF] penerapan metode role playing dalam pembinaan akhlak siswa di - Neliti https://media.neliti.com/media/publications/265487-penerapan-metode-role-playing-dalam-pemb-004c93cc.pdf
[5] Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Prestasi Belajar ... https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/203?articlesBySimilarityPage=7
Comments