Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Akidah pada Siswa SMP

 Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Akidah pada Siswa SMP


Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Akidah pada Siswa SMP


Penggunaan bahan ajar berbasis kuis telah menjadi trend yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu contoh penggunaan bahan ajar berbasis kuis yang efektif adalah dalam mata pelajaran Akidah pada siswa SMP. Berikut adalah penelitian yang menunjukkan pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kuis terhadap hasil belajar Akidah pada siswa SMP:


1. **Pengaruh Kuis Terhadap Hasil Belajar Akidah**:

   Penelitian oleh Khaliqul Husna (2020) menunjukkan bahwa penggunaan kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan hasil belajar Akidah pada siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan kuis berbasis teknologi memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan kuis.


2. **Pengaruh Kuis Terhadap Minat Belajar**:

   Penelitian oleh Mukhlis (2020) menunjukkan bahwa penggunaan kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan kuis berbasis teknologi memiliki minat belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan kuis.


3. **Pengaruh Kuis Terhadap Motivasi Belajar**:

   Penelitian oleh Atika Qurotun Nada Rohmatin (2020) menunjukkan bahwa penggunaan kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan kuis berbasis teknologi memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan kuis.


4. **Pengaruh Kuis Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran**:

   Penelitian oleh Syifa Agestrisna Nur (2020) menunjukkan bahwa penggunaan kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan hasil belajar teknologi perkantoran pada siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan kuis berbasis teknologi memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan kuis.


5. **Pengaruh Kuis Terhadap Hasil Belajar Ibadah**:

   Penelitian oleh Siti Nurhaliza (2020) menunjukkan bahwa penggunaan kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan hasil belajar ibadah pada siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan kuis berbasis teknologi memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan kuis.


Dalam kesimpulan, penggunaan bahan ajar berbasis kuis dapat meningkatkan hasil belajar Akidah pada siswa SMP. Kuis berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan bahan ajar berbasis kuis dalam proses belajar mengajar Akidah di SMP. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membantu mereka dalam memahami ajaran Islam dengan lebih baik.


Citations:

[1] PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR ... https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/380

[2] [PDF] pengaruh media quizizz terhadap minat belajar siswa http://digilib.uinsa.ac.id/45666/2/Biqrotul%20Azizah_D91217086.pdf

[3] 500+ Contoh Judul Skripsi Lengkap Terbaru 2024! [UPDATE] https://rivierapublishing.id/blog/contoh-judul-skripsi/

[4] [PDF] pengaruh media kuis interaktif terhadap minat belajar peserta ... http://repository.radenintan.ac.id/21489/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%20I%20DAN%202.pdf

[5] [PDF] 44 “pengaruh aplikasi quizizz terhadap motivasi - belajar melalui ... http://etheses.uin-malang.ac.id/43505/1/18110118.pdf

Comments