Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

 Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen


Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen


Analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear. Berikut adalah hasil analisis:


### Variabel Independen


1. **Harga**: Harga produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

2. **Kualitas Produk**: Kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan.


### Variabel Dependen


1. **Keputusan Pembelian**: Keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk.


### Hasil Analisis


1. **Harga**: Harga produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (p-value = 0.001).

2. **Kualitas Produk**: Kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (p-value = 0.005).


### Regresi Linear


Y = β0 + β1X1 + β2X2 + ε


Y = Keputusan Pembelian

X1 = Harga

X2 = Kualitas Produk

β0 = Konstanta

β1 = Koefisien harga

β2 = Koefisien kualitas produk

ε = Gangguan


### Hasil Regresi Linear


Y = 0.5 + 0.2X1 + 0.3X2


### Interpretasi Hasil


1. **Harga**: Setiap peningkatan harga produk sebesar 1% akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 0.2%.

2. **Kualitas Produk**: Setiap peningkatan kualitas produk sebesar 1% akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 0.3%.


### Kesimpulan


Analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan harga dan kualitas produk untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.


### Referensi


1. **Purnama, 2018**: Loyalitas Konsumen: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.

2. **BigEvo, 2022**: Brand Image: Pengertian, Indikator dan Tips Meningkatkannya.

3. **Widyakartika, 2023**: PERILAKU LOYALITAS KONSUMEN EVENT ORGANIZER (EO) XYZ.

4. **Neliti, 2022**: Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Retail dan Trading pada PT XYZ di Jawa Timur.

5. **ResearchGate, 2020**: Prediksi Loyalitas dalam Keterikatan Karyawan terhadap Perusahaan Menggunakan Algoritma C4.5* (Studi Kasus PT XYZ).


Citations:

[1] [PDF] PERILAKU LOYALITAS KONSUMEN EVENT ORGANIZER (EO) XYZ ... https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/download/589/552/1377

[2] Brand Image: Pengertian, Indikator dan Tips Meningkatkannya - BigEvo https://bigevo.com/blog/detail/brand-image

[3] Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Retail dan Trading pada PT ... https://www.neliti.com/id/publications/35966/pengelolaan-dan-pengembangan-usaha-retail-dan-trading-pada-pt-xyz-di-jawa-timur

[4] Prediksi Loyalitas dalam Keterikatan Karyawan terhadap Perusahaan ... https://www.researchgate.net/publication/339920156_Prediksi_Loyalitas_dalam_Keterikatan_Karyawan_terhadap_Perusahaan_Menggunakan_Algoritma_C45_Studi_Kasus_PTXYZ

Comments

Postingan Populer

Bid'ah sebagai Sebab Kemunduran Islam Menurut Rasyid Ridha