Bunga Matahari – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Manfaat & Filosofi - Ikrek_22

Pati - Tajab_22 Hampir semua orang mengenal bunga matahari. Selain bentuknya yang menarik dan warnanya yang kuning cerah sehingga mudah dikenali, bunga ini juga dikenal sebagai salah satu penghasil makanan ringan bernama Kuac.

Tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Eropa dan Amerika dan kini telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia.

Bunga Matahari, atau biasa disebut bunga matahari, tidak hanya menyerupai bentuk matahari, pertumbuhannya juga sangat bergantung pada intensitas cahaya matahari. Bunga ini tidak hanya cocok untuk membuat makanan ringan, tetapi juga digunakan untuk penghias taman dll.

Bunga matahari merupakan salah satu tumbuhan berbunga. Bunga mekar secara teratur atau musiman, yaitu setahun sekali. Sebutan untuk bunga ini berbeda-beda di setiap negara. Misalnya di Inggris disebut Sunflower, di Jepang disebut Himawar, sedangkan di China dikenal dengan Xuang Ri Kui.

Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan tumbuhan dikotil karena bijinya memiliki sepasang kotiledon. Oleh karena itu, bunga ini termasuk dalam kelas Magnoliopsida. Berikut sistem klasifikasi atau taksonomi tumbuhan penghasil biji bunga matahari yaitu :

  • Kerajaan Plantae
  • Divisi Magnolipita
  • Kelas Magnoliopsida
  • Pesan Asterales
  • keluarga Astericeae
  • Genus Helianthus
  • Spesies Helianthus annus
  • morfologi

Bunga matahari merupakan kelompok tumbuhan perdu. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian sekitar tiga meter. Tumbuhan berbunga ini memiliki struktur fisik yang indah, terutama saat bunganya sedang mekar. Karena itu, banyak orang menanamnya sebagai bunga hias.

Budidaya Bunga Matahari 

Berikut ini adalah morfologi tanaman bunga matahari diantaranya :

1. miskin

Sebagai semak, bunga matahari tidak tumbuh terlalu tinggi. Biasanya tinggi batang bunga ini satu sampai tiga meter.

Batangnya bulat dan memiliki struktur rambut yang halus. Meski ada semak-semak, batangnya cukup kuat. Pertumbuhan batang cenderung mengikuti arah datangnya sinar matahari. Pembengkokan ini disebabkan oleh rusaknya hormon auksin, atau hormon stres, di area batang tubuh. Pada bagian hormon auksin yang terkena sinar matahari, pertumbuhannya terhambat sehingga batang cenderung memendek. Sehingga, bagian yang tidak terkena cahaya lebih panjang sehingga menyebabkan batang bengkok.

Batang bunga matahari tidak bercabang dan jarang ada cabang. Selain itu, tinggi pertumbuhan tanaman bunga kuning ini juga sangat bergantung pada spesiesnya. Meski biasanya tumbuh antara satu hingga tiga meter, ada spesies lain yang tingginya bisa mencapai lima meter.

2. Akar

Perbedaan ukuran batangnya tidak banyak, ukuran akar bunga ini tidak begitu besar namun kuat. Pangkal bunga matahari memiliki tekstur yang halus dan padat. Sistem akarnya dapat menembus sangat dalam ke dalam tanah. Pertumbuhan akarnya mendatar dan dapat tumbuh hingga kedalaman 3-4 meter.

3. Daun

Tanaman bunga matahari memiliki jenis daun yang berbentuk hati. Ukuran rata-rata daunnya panjang 15 cm dan lebar 12 cm. Daunnya tumbuh pada batang yang cukup keras dan memiliki batang yang beruas-ruas. Batangnya cukup panjang dan berada di tempat yang sama dengan batang tempat bunga itu tumbuh.

4. Bunga

Bunga tanaman ini dikelompokkan menjadi bunga majemuk dengan kelopak yang berukuran puluhan besar. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kelopak-kelopak kecil yang jumlahnya mencapai ribuan. Kedua kelopaknya berwarna kuning cerah dan berbentuk pita. Bunga matahari bisa berdiameter 30 cm dan berbentuk lingkaran cangkir. Ukuran lingkaran bervariasi antara 10 dan 15 cm. Di tengah bunga ada bagian tubular coklat yang lebih kecil. Bunga-bunga kecil itu kemudian menjadi biji setelah pembuahan.  

Bunga matahari bisa berdiameter 30 cm dan berbentuk lingkaran cangkir. Ukuran lingkaran bervariasi antara 10 dan 15 cm. Di tengah bunga ada bagian tubular coklat yang lebih kecil. Bunga-bunga kecil itu kemudian menjadi biji setelah pembuahan.

Bunganya tumbuh berseberangan di antara masing-masing kelopak. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, bunga matahari dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bunga marginal dan bunga tubular, sebagai berikut:

  • Bunga tepi disebut juga bunga lidah. Jenis bunga ini merupakan bunga dengan kelopak besar berwarna kuning cerah di bagian luar.
  • Putik adalah bagian bunga yang dibuahi dan menjadi biji. Bagian bunga ini berwarna coklat dan berbentuk tabung. Jumlah kuntum berbentuk tabung dalam satu bunga kurang lebih 2000 filamen. 

5. Benih

Biji bunga matahari memiliki struktur cangkang yang keras. Bagian luarnya rata dan berwarna lonjong dari abu-abu hingga agak hitam. Sekarang mengandung biji yang bisa dimakan. Biji ini kemudian diolah menjadi makanan Kuci. habitat dan distribusi

Bunga matahari diketahui berasal dari daerah Meksiko, Peru dan Amerika Serikat. Dari ketiga daerah tersebut, bunga kuning ini mulai dibudidayakan dan disebarkan hingga akhirnya tumbuh di hampir semua negara termasuk Indonesia. Bunga matahari terbagi menjadi berbagai jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Lingkungan optimal untuk menanam bunga matahari adalah daerah pegunungan dengan kelembapan tinggi tetapi banyak sinar matahari. Daerah ini sebagian besar berada di tempat antara 1000 dan 1500 meter di atas permukaan laut. Padahal suhu ideal untuk pertumbuhan semak ini adalah di atas 10 derajat Celcius, dan curah hujan minimal 50-80 mm per bulan. Namun, tingkat adaptasi bunga matahari sangat tinggi, yang memungkinkan tanaman ini bertahan hidup meski dalam kondisi berbeda.

Negara dengan iklim subtropis merupakan daerah yang paling cocok untuk menanam bunga matahari, namun bukan berarti tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan tropis seperti Indonesia. Bunga matahari bahkan dapat ditanam di daerah beriklim sedang di Eropa. Di Eropa, bunga berkembang antara musim semi dan musim gugur. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat hidup di lingkungan yang kering. Ini karena sistem perakarannya sangat kuat dan dapat bertahan bahkan di tanah kering. Satu-satunya cara untuk menumbuhkan bunga ini adalah jika berada di tempat teduh.

Oleh karena itu, bunga matahari harus ditanam secara luas sesuai dengan jumlah pohon yang diinginkan. Jika ada beberapa, diperlukan ruang terbuka yang luas. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bunga matahari sangat bergantung pada banyaknya sinar matahari yang diterimanya.\

budidaya bunga matahari

Bunga matahari ditanam melalui penyerbukan alami menggunakan serangga atau penyerbukan buatan oleh manusia. Tumbuhan ini siap bereproduksi ketika kelopaknya muncul, bunganya mengandung nektar dan memiliki serbuk sari dan putik.

1. Penyerbukan oleh serangga

Serangga yang biasanya membantu penyerbukan bunga matahari antara lain kupu-kupu dan lebah. Saat serangga ini menghisap nektar bunga matahari, serbuk sari menempel di kaki mereka. Juga, ketika serangga pergi ke bunga lain untuk menghisap nektar, serbuk sari yang menempel menyebar.

2. Penyerbukan Manusia

Orang juga dapat membantu penyerbukan bunga matahari. Keuntungan dari proses penyerbukan dengan bantuan manusia adalah lebih cepat, mudah dan dapat diterapkan pada tanaman berukuran besar. Anda dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu dengan mengoleskan serbuk sari dengan kuas dan dengan menggosok kedua kuncup bunga agar terjadi pertukaran serbuk sari di antara keduanya. 

Manfaat bunga matahari

Selain bentuk fisiknya yang cantik dan menakjubkan, bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi manusia. Pelayanan ini meliputi bidang kesehatan, gizi dan pertanian.

Dalam hal ini, penggunaan bunga matahari berikut terdaftar, termasuk:

1. Bahan makanan

Dalam industri makanan, biji bunga matahari banyak diolah menjadi biji bunga matahari yang dikonsumsi sebagai makanan ringan. Selain itu, bisa juga disuling menjadi minyak bunga matahari. Produk olahan ini sebagian besar menjadi latar belakang untuk menumbuhkan bunga dengan kelopak yang indah ini.

  • Makanan Ringan Kuaci - Makanan ringan bernama Kuaci bisa dibuat dari Biji Bunga Matahari. Pengolahan berlangsung dalam beberapa proses, sehingga menghasilkan snack dengan rasa yang unik dan membuat ketagihan.
  • Minyak Biji Bunga Matahari - Beberapa biji bunga matahari juga bisa dibuat menjadi minyak. Hanya syarat khusus yang berlaku untuk penggunaan bunganya: kulit bijinya harus tipis dan kandungan minyaknya harus sekitar 48-53 persen. Satu liter minyak menghasilkan 60 biji bunga matahari.

2. Pertanian dan perkebunan

Kegunaan utama bunga matahari dalam bidang pertanian dan perkebunan adalah sebagai tanaman hias. Terutama ketika Anda menemukan spesies yang menunjukkan ciri-ciri seperti bercabang. Selain itu, daun bunga matahari yang tidak perlu juga bisa diolah menjadi pupuk hijau dan pakan ternak. 

3. Bidang Kesehatan

Bagian bunga matahari yang berperan penting dalam kesehatan adalah bijinya. Tak hanya biji bunganya yang bisa diolah menjadi makanan ringan, biji hitam juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk mengobati berbagai penyakit.

Dibawah ini adalah beberapa khasiat dari biji bunga matahari diantaranya :

  • Menurunkan Kolesterol - Biji bunga matahari mengandung pitosterol, yang memiliki efek positif dalam menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, orang dengan kadar kolesterol dianjurkan untuk mengkonsumsi biji bunga matahari secara rutin. Sistem Saraf yang Sehat – Bahan lain yang ditemukan dalam biji bunga matahari tinggi magnesium. Zat tersebut mampu meredakan kejang otot dan menyehatkan sistem saraf, sehingga penyakit seperti tekanan darah tinggi tidak menyerang dengan cepat.
  • Anti inflamasi - Biji bunga matahari juga kaya akan vitamin E. Vitamin E berperan dalam proses pelarutan lemak dan sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Pencegahan Penyakit Kardiovaskular - Vitamin E dalam biji bunga matahari juga efektif mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin E memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah Kanker Selan merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada biji bunga matahari. Zat ini berperan penting dalam memperbaiki DNA yang rusak dan membunuh sel-sel abnormal, mencegah berkembangnya sel kanker.

filosofi bunga matahari

Milik keluarga calendula, bunga ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan jenis bunga lainnya. Ciri utama bunga matahari adalah ukuran dan warna kuning cerahnya.

Filosofi dan makna tertentu juga dikaitkan dengan bunga ini, antara lain:

  • SIMBOL ENERGI POSITIF - Bunga matahari adalah simbol energi positif yang harus dimiliki setiap orang. Bunga ini merupakan pantulan sinar matahari, sehingga dapat menerangi dan menghangatkan kehidupan. Bunga matahari juga tidak mudah rapuh dalam berbagai cuaca, sehingga kekuatannya bisa ditiru.
  • Simbol persatuan - Matahari adalah bunga aster dengan ratusan atau bahkan ribuan bunga. Makna filosofis yang bisa dipetik adalah kekompakan dan kesatuan yang membuat mereka kuat.
  • Bahagia dan Ceria - Bentuk dan warna matahari membawa keceriaan dan kebahagiaan saat kita melihatnya. Warnanya yang cerah dapat mengajarkan orang bahwa hidup harus dijalani dengan bahagia dan gembira. 
  • Idealisme dan Kesetiaan - Bunga matahari selalu menghadap ke matahari, misalnya menghadap ke timur di pagi hari sedangkan menghadap ke barat di sore hari. Gerakan ini disebut fototropisme dan merupakan simbol kesetiaan dan idealisme.
  • Antusiasme dan Optimisme - Warna kuning cerah memancarkan semangat dan optimisme untuk hidup.
  • Simbol Persahabatan - Meskipun bunganya cerah dan cerah, namun tidak digunakan sebagai simbol romansa atau cinta. Bunga matahari biasanya merupakan simbol universal persahabatan dan persaudaraan. Arti kekayaan palsu - Cerita rakyat yang berasal dari Spanyol menyebutkan bahwa para penjelajah Eropa yang tiba di Eropa mengira bahwa bunga matahari terbuat dari emas murni. Berdasarkan cerita tersebut, bunga ini dijadikan simbol kekayaan semu atau palsu.

Cara menanam bunga matahari

Karena bentuk dan warnanya yang indah, serta makna filosofis di baliknya, banyak orang yang menyukai dan ingin menanam bunga matahari. Kesan positif dan bahagia bisa kita dapatkan dengan menanam bunga ini di lingkungan rumah kita.

Cara menanam bunga matahari dengan praktis dan mudah yaitu :

1. Menentukan sifat bunga

Pertama-tama kita menentukan jenis bunga matahari yang akan kita tanam, karena beberapa jenis memiliki ciri tumbuh yang berbeda. Pilih jenis bunga yang ingin Anda gunakan sebagai tanaman hias yang panjangnya kurang dari satu meter, mis. B. Mammutti, Kecantikan Musim Gugur, Sinar Matahari dan Nalle.

2. Tips Memilih Kuac

Faktor penentu untuk pertumbuhan yang baik adalah benih yang kita pilih. Saat memilih biji bunga matahari ada baiknya memperhatikan faktor seperti membeli di toko tanaman hias, menanam biji bunga matahari berbeda dengan biji yang anda makan, biji bunga matahari memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengujian dengan merendam benih dalam air selama 5-10 menit. Kwaci kualitas buruk beredar dan kita bisa menyingkirkannya.

3. Persiapan lahan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menanam tanah adalah drainase yang baik, pH tanah antara 6 dan 7,5, serta memastikan tanah mendapat sinar matahari penuh dan terlindung dari angin.

4. proses pertumbuhan

Longgarkan tanah dengan sekop dan tambahkan kompos sebanyak yang dibutuhkan tanah. Gali lubang sedalam 2,5 cm dan beri jarak 45 cm untuk bunga matahari besar dan 30 cm untuk bunga matahari kecil.

Tempatkan beberapa biji di setiap lubang, lalu tutupi dengan tanah. Berikan pupuk organik dan sebarkan di sekitar tanaman. Basahi tanah dengan air, tetapi berhati-hatilah agar benih tidak terlalu busuk. \

5. Perawatan

Merawat bunga matahari cukup sederhana, kita hanya perlu menyiramnya secara rutin setiap hari, apalagi saat cuaca sedang panas. Kami kemudian dapat menambahkan mulsa untuk mengendalikan pertumbuhan gulma dan menjaga kelembaban tanah.

Jika tanaman terserang hama dan jamur, kita bisa melawannya dengan fungisida yang tersedia di banyak toko pertanian. Bunga matahari umumnya relatif kuat dan aman dari serangan serangga. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa