Pengertian, hukum, talak dalam bab nikah di Kitab Bulughul Maram

 buatkan artikel talak dalam bab nikah di Kitab Bulughul Maram


Talak dalam Islam adalah proses memutuskan atau mengakhiri hubungan perkawinan antara suami-isteri. Berikut adalah definisi dan contoh talak dalam Islam:


### Pengertian Talak


Talak berasal dari bahasa Arab yang berarti "lepas dan bebas." Dalam istilah Agama, talak adalah melepaskan ikatan perkawinan atau rusaknya hubungan perkawinan. Ulama juga menegemukakan talak, yaitu melepaskan hubungan pernikahan dengan menggunakan lafaz talak dan sejenisnya[1][4].


### Macam-macam Talak


1. **Talak Sarih**: Kalimat yang tidak ragu-ragu lagi bahwa yang dimaksud adalah memutuskan ikatan perkawinan, seperti kata suami, "Engkau tertalak" atau "Saya ceraikan engkau"[1].

2. **Talak Bid'i**: Talak yang dijatuhkan tidak menurut ketentuan agama, seperti menjatuhkan talak pada waktu istri dapat langsung memulai iddahnya[3][4].

3. **Talak Qabla Al-Dukhul**: Talak yang dijatuhkan sebelum istri dapat langsung memulai iddahnya[4].


### Contoh Talak


Contoh talak yang dijatuhkan oleh Rasulullah SAW. adalah ketika suami menjatuhkan talak pada istri yang sedang haid atau nifas, atau ketika istri telah suci tapi sudah dicampuri kembali[1][4].


### Hukum Talak


Talak harus dilakukan dengan menggunakan lafaz talak yang sesuai dengan syariat Islam. Talak yang tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti talak bid'i, tidak diterima oleh Islam[1][4].


### Referensi


1. Repository Raden Intan, "Bab II Talak" (PDF).

2. Perpustakaan Lajnah, "Syarah Bulughul Maram (Jilid 3 : Kitab Jual Beli-Nikah-Talak-Rujuk-Jinayah (Pidana))".

3. YouTube, "Bulughul Maram Nikah #53 : Talak Tiga - Ustadz M Abduh Tuasikal".

4. PA Cilegon, "Talak Qabla Al-Dukhul dan Permasalahannya | Tahun 2022".

5. alQuran-Sunnah, "Bulughul Maram - alQuran-Sunnah".


Citations:

[1] [PDF] ٍٍِاَلطَّالَقُ إِزَلَةُ اَلنِّكَاحِ أَوْ نُقْصَانُ حِلَّه َْلِ ْ - Raden Intan Repository http://repository.radenintan.ac.id/1569/3/BAB_II.pdf

[2] Syarah Bulughul Maram (Jilid 3 : Kitab Jual Beli-Nikah-Talak-Rujuk ... https://perpustakaanlajnah.kemenag.go.id/home/index.php?id=10028&p=show_detail

[3] Bulughul Maram Nikah #53 : Talak Tiga - Ustadz M Abduh Tuasikal https://www.youtube.com/watch?v=VOInBIVDKyA

[4] Talak Qabla Al-Dukhul dan Permasalahannya | Tahun 2022 https://www.pa-cilegon.go.id/artikel/638-talak-qabla-al-dukhul-dan-permasalahannya-tahun-2022-17-10

[5] Bulughul Maram - alQuran-Sunnah https://alquran-sunnah.com/kitab/bulughul-maram/index.html?page=source%2F8.+Kitab+Nikah%2F7.+Bab+Khulu.htm

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa