Fikih Kurban: Penjelasan Kandungan Hadits-Hadits Seputar Kurban dalam Bulughul Maram

 buatkan artikel tentang: Fikih Kurban (Penjelasan kandungan hadits-hadits seputar kurban dalam Bulughul Maram) panjang dan rinci


**Fikih Kurban: Penjelasan Kandungan Hadits-Hadits Seputar Kurban dalam Bulughul Maram**


Kurban, sebagai salah satu ibadah yang paling utama dalam Islam, telah menjadi penggerak bagi umat Islam untuk mencatat berbagai pembahasannya di satu tempat tersendiri. Dalam kitab "Bulughul Maram" karya al-Hafizh Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqalani rahimahullah, terdapat "Bab Kurban" yang menjadi sumber referensi bagi para ulama dan masyarakat umum.


### Pengertian Kurban


Kurban berasal dari kata "qurban" yang berarti "sesuatu yang dipersembahkan kepada Allah". Istilah ini diangkat oleh Allah dalam Al-Qur'an, dimana kasus anaknya Adam antara Qobil dan Habil, satu diterima dan satunya lagi tidak diterima. Maka Allah mengistilahkan disana dengan istilah Qurban. Kemudian istilah "udhiyah" banyak dipakai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menyebutkan hewan sembelihan yang disembelih pada waktu Idul Adha[3].


### Hukum Kurban


Menurut Imam Ibnu Hanifah, hukum qurban adalah wajib. Hal ini juga dikuatkan oleh Al-Hasan Al-Basri dan juga ulama-ulama dari kalangan tabi’in. Dalil yang mereka pakai adalah ayat Al-Qur'an: "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah" (QS. Al-Kautsar [108]: 2). Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengancam siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami[3].


### Kriteria Hewan Kurban


Hewan qurban harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:


1. **Umur Hewan**: Hewan qurban harus telah mencapai umur minimal yang ditentukan. Untuk kambing atau domba, umur minimal adalah 1 tahun; untuk sapi atau kerbau, umur minimal adalah 2 tahun; dan untuk unta, umur minimal adalah 5 tahun[5].

2. **Kesehatan Hewan**: Hewan qurban harus sehat dan bebas dari penyakit menular. Tanda kesehatan hewan seperti mata yang cerah, bulu yang bersih, dan selera makan yang baik harus dipertimbangkan[5].

3. **Defekt Fisik**: Hewan qurban harus bebas dari defekt fisik permanen. Defekt seperti buta di satu mata, lumpuh permanen, atau gigi yang rusak dapat membatalkan qurban[5].


### Analisis Hadits Kurban


Analisis hadits qurban dengan perspektif fiqh al-taysîr menunjukkan bahwa qurban harus dilakukan dengan cara yang lebih mudah bagi masyarakat. Fiqh al-taysîr mempertimbangkan beberapa hal, seperti aspek moderat, faktor darurat, pendapat yang lebih mudah, serta mempertimbangkan maqâṣid syarî'ah[2].


### Implementasi Kurban


Implementasi qurban harus dilakukan dengan cara yang Islami. Dalam kitab "Bulughul Maram", terdapat beberapa hadits yang menjelaskan bagaimana qurban harus dilakukan. Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah" (QS. Al-Kautsar [108]: 2). Hadits ini menunjukkan bahwa qurban harus dilakukan dengan cara yang Islami dan dengan niat yang tulus[3].


### Kesimpulan


Kurban adalah salah satu ibadah yang paling utama dalam Islam. Dalam kitab "Bulughul Maram", terdapat "Bab Kurban" yang menjelaskan kandungan hadits-hadits seputar kurban. Hukum qurban adalah wajib, dan hewan qurban harus memenuhi beberapa kriteria, seperti umur, kesehatan, dan defekt fisik. Implementasi qurban harus dilakukan dengan cara yang Islami dan dengan niat yang tulus. Dengan demikian, qurban dapat menjadi salah satu ibadah yang paling berharga bagi umat Islam.


### Referensi


[1] Fikih Kurban (Penjelasan kandungan hadits-hadits seputar kurban dalam Bulughul Maram). E-booksunnah.com.


[2] A QURBAN HADITH ANALYSIS WITH JADZA‘AH LAMB PERSPECTIVE OF FIQH AL-TAYSÎR. E-journal.uin-suska.ac.id.


[3] Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.). Radio Rodja.


[4] The Practice of Implementing Aqiqah by Buying Ready Stock in Bajenis. Repository.uinsu.ac.id.


[5] Qurban According to Islamic Law: 3 Things to Remember When Choosing a Sacrificial Animal. Human-initiative.org.


Citations:

[1] Fikih Kurban (Penjelasan kandungan hadits-hadits seputar kurban dalam ... https://ebooksunnah.com/en/ebooks/fikih-kurban-penjelasan-kandungan-hadits-hadits-seputar-kurban-dalam-bulughul-maram

[2] A QURBAN HADITH ANALYSIS WITH JADZA'AH LAMB PERSPECTIVE ... https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/hukumislam/article/view/21498

[3] Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.) - Radio Rodja https://www.radiorodja.com/29891-hukum-seputar-qurban-kitab-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-syamsudin-lc/

[4] [PDF] The Practice of Implementing Aqiqah by Buying Ready Stock in Bajenis ... http://repository.uinsu.ac.id/9749/1/1309-4129-1-PB.pdf

[5] Qurban According to Islamic Law: 3 Things to Remember When ... https://human-initiative.org/qurban-according-to-islamic-law-3-things-to-remember-when-choosing-a-sacrificial-animal/?lang=en

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa