Bab Jual Beli dalam Kitab Bulughul Maram: pinjaman

 Bab Jual Beli dalam Kitab Bulughul Maram: pinjaman


Bab Jual Beli dalam Kitab Bulughul Maram membahas tentang jual beli dalam Islam. Berikut adalah beberapa poin penting:


1. **Pengertian Jual Beli**: Jual beli adalah pertukaran harta (benda) dengan harta berdasarkan cara khusus yang dibolehkan. Menurut Ulama Hanafiyah, jual beli adalah pertukaran harta dengan harta berdasarkan cara khusus yang dibolehkan[3].


2. **Syarat Jual Beli**: Jual beli harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti adanya janji, kehadiran barang, dan kehadiran pembeli. Jika tidak memenuhi syarat, maka jual beli tidak sah hukumnya[1].


3. **Hukum Jual Beli**: Hukum jual beli dapat menjadi wajib, sunnah, mubah, atau haram tergantung pada syarat-syarat yang dipenuhi. Contohnya, jual beli yang dilakukan dalam keadaan darurat atau terpaksa adalah wajib[1].


4. **Jual Beli dengan Cara Melempar Batu**: Jual beli dengan cara melempar batu adalah bentuk jual beli yang khusus, di mana si penjual berkata, "Lemparlah batu ini, di manapun batu ini jatuh mengenai baju, maka ia menjadi milikmu dengan harga satu dirham." Ada juga yang mengatakan bahwa si penjual menjual tanah sejauh lemparan batu si pembeli[2].


5. **Jual Beli yang Dibolehkan**: Jual beli dibolehkan karena Allah menghalalkan jual beli demi mewujudkan kemaslahatan dan memadamkan gejolak yang timbul. Jual beli juga dibolehkan untuk memiliki apa yang diinginkan tanpa harus bersusah payah[2].


6. **Jual Beli yang Dilarang**: Jual beli yang dilarang adalah jual beli yang tidak memenuhi syarat-syarat, seperti menjual barang yang diharamkan oleh syara‟, menjual barang yang tidak ada, atau menjual barang yang tidak dapat dihadirkan pada jual beli berlangsung[1][3].


7. **Jual Beli dengan Salam**: Jual beli dengan salam adalah bentuk jual beli di mana pembayaran dilakukan di awal dan barang yang dijual belikan akan dihantarkan kemudian. Ini berbeda dengan bentuk hutang yang tadi kita tuliskan, di mana barang kita dapatkan awal kemudian duit kita bayarkan di akhir[4].


Dengan demikian, jual beli dalam Islam harus memenuhi syarat-syarat dan harus dibolehkan oleh syara‟. Jual beli yang tidak memenuhi syarat atau tidak dibolehkan oleh syara‟ adalah tidak sah hukumnya.


Citations:

[1] [PDF] BAB II KETENTUAN UMUM TENTANG JUAL BELI A ... http://repository.radenintan.ac.id/1282/3/BAB_II.pdf

[2] Subulussalam Syarah Bulughul Maram: Kitab Jual Beli http://nasehat-muslim.blogspot.com/2017/01/subulussalam-syarah-bulughul-maram.html

[3] [PDF] BAB III JUAL BELI DALAM ISLAM A. Pengertian Jual Beli Dalam Bahasa ... https://repository.uin-suska.ac.id/14391/8/8.%20BAB%20III__201859EI.pdf

[4] Kitab Bulughul Maram | BAB JUAL BELI SALAM, QARD & GADAI 03 https://www.youtube.com/watch?v=LYlV-xSmY8E

[5] [PDF] BAB II JUAL BELI DALAM HUKUM ISLAM http://digilib.uinsa.ac.id/2238/3/Bab%202.pdf

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa