Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: Keutamaan Ihram dan Aspek-Aspeknya

 buatkan artikel tentang: Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: keutamaan ihram dan aspek-aspek di dalamnya


**Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: Keutamaan Ihram dan Aspek-Aspeknya**


Kitab Bulughul Maram, sebuah karya Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Ashqolani, memuat berbagai hadits dan penjelasan tentang keutamaan haji dan umrah. Dalam bab ini, kita akan membahas keutamaan ihram dan aspek-aspek yang terkait dengan haji.


### Keutamaan Ihram

Ihram, yang berarti berhenti dari segala sesuatu yang dapat mengganggu kebersihan dan kesucian, adalah bagian penting dari haji. Dalam hadits No. 759, Umar Radliyallaahu 'anhu mencium Hajar Aswad dan berkata: "Sesungguhnya aku tahu bahwa engkau hanyalah batu yang tidak membahayakan dan tidak memberi manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menciummu, aku tidak akan menciummu."[1]


### Aspek-Aspek Haji

1. **Wukuf di Arafah**: Hadits No. 780 menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melempar Jumrah pada hari Raya Kurban saat waktu dluha, namun setelah itu (beliau melemparnya) bila matahari tergelincir[1].

2. **Mabit di Muzdalifah**: Hadits No. 781 berisi bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "..."[1].

3. **Melontarkan Jumrah Aqobah**: Hadits No. 734 menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Ya, berhajilah untuknya. Bagaimana pendapatmu seandainya ibumu menanggung hutang, tidakkah engkau yang membayarnya? Bayarlah pada Allah, karena Allah lebih berhak untuk ditepati."[2].

4. **Thawaf Ifadah**: Hadits No. 769 berisi bahwa Abu al-Thufail Radliyallaahu 'anhu melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berthowaf di Ka'bah, beliau menyentuh Hajar Aswad dengan tongkat yang dibawanya, dan mencium tongkat tersebut[1].

5. **Mengerjakan Sa'i**: Hadits No. 726 berisi bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Umrah ke umrah menghapus dosa antara keduanya, dan tidak ada pahala bagi haji mabruru kecuali surga."[2].


Dalam bab ini, Kitab Bulughul Maram menekankan pentingnya keutamaan ihram dan aspek-aspek haji. Dengan memahami hadits-hadits ini, kita dapat lebih memahami keutamaan haji dan bagaimana cara melaksanakannya dengan benar.


Citations:

[1] Bulughul Maram - BAB SIFAT HAJI DAN MASUK KOTA MAKKAH http://islamic-defenders.blogspot.com/2012/07/bulughul-maram-bab-sifat-haji-dan-masuk.html

[2] Bulughul Maram - BAB KEUTAMAAN HAJI DAN YANG BERKEWAJIBAN ... http://islamic-defenders.blogspot.com/2012/07/bulughul-maram-bab-keutamaan-haji-dan.html

[3] Bulughul Maram Kitab Haji | PDF - Scribd https://www.scribd.com/doc/208800895/Bulughul-Maram-Kitab-Haji

[4] Ibadah Haji dan Umroh - Kitab Bulugul Maram | Gema Risalah https://www.gemarisalah.com/ibadah-haji-dan-umroh/

[5] Bulughul Maram - alQuran-Sunnah https://www.alquran-sunnah.com/kitab/bulughul-maram/index.html?page=source%2F6.+Kitab+Haji%2F2.+Bab+Tentang+Miqat.htm

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa