Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: Aspek-Aspek dan Batasan

 buatkan artikel tentang: Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: aspek-aspek di dalamnya dan batasan nya


Bab Haji dalam Kitab Bulughul Maram: Aspek-Aspek dan Batasan


Kitab Bulughul Maram, sebuah karya Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Ashqolani, memuat berbagai hadits yang terkait dengan haji dan umrah. Dalam bab haji, terdapat beberapa aspek yang dibahas, termasuk keutamaan haji, syarat-syarat haji, dan batasan-batasan yang harus diikuti.


### Keutamaan Haji


Dalam hadits No. 726, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Umrah ke umrah menghapus dosa antara keduanya, dan tidak ada pahala bagi haji mabruru kecuali surga."[2] Inilah contoh keutamaan haji yang sangat besar.


### Syarat-Syarat Haji


Dalam hadits No. 759, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Mandilah dan bercawatlah dengan kain, lalu berihramlah."[1] Inilah contoh syarat-syarat haji yang harus diikuti.


### Batasan-Batasan Haji


Dalam hadits No. 780, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melempar Jumrah pada hari Raya Kurban saat waktu dluha. Namun setelah itu (beliau melemparnya) bila matahari tergelincir."[1] Inilah contoh batasan-batasan haji yang harus diikuti.


### Kewajiban Haji


Dalam hadits No. 727, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Setiap anak yang haji kemudian setelah baligh, ia wajib haji lagi; dan setiap budak yang haji kemudian ia dimerdekakan, ia wajib haji lagi."[2] Inilah contoh kewajiban haji yang harus diikuti.


Dalam Kitab Bulughul Maram, terdapat berbagai aspek haji yang dibahas, termasuk keutamaan haji, syarat-syarat haji, batasan-batasan haji, dan kewajiban haji. Semua aspek ini harus diikuti agar haji dapat dilakukan dengan benar dan sesuai dengan syariat Islam.


Citations:

[1] Bulughul Maram - BAB SIFAT HAJI DAN MASUK KOTA MAKKAH http://islamic-defenders.blogspot.com/2012/07/bulughul-maram-bab-sifat-haji-dan-masuk.html

[2] Bulughul Maram - BAB KEUTAMAAN HAJI DAN YANG BERKEWAJIBAN ... http://islamic-defenders.blogspot.com/2012/07/bulughul-maram-bab-keutamaan-haji-dan.html

[3] Bulughul Maram Kitab Haji | PDF - Scribd https://www.scribd.com/doc/208800895/Bulughul-Maram-Kitab-Haji

[4] Syarah Bulughul Maram : Hadits No 593 Bab Haji - YouTube https://www.youtube.com/watch?v=TjDL7Ok9pzc

[5] Ibadah Haji dan Umroh - Kitab Bulugul Maram | Gema Risalah https://www.gemarisalah.com/ibadah-haji-dan-umroh/

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa