Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

 buatkan artikel tentang Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa


**Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa**


Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap prestasi belajar siswa telah menjadi perhatian penting dalam pendidikan. Kecerdasan emosional guru yang baik dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru, sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa. Berikut ini adalah beberapa penelitian yang membahas tentang pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap prestasi belajar siswa.


Penelitian yang dilakukan oleh Novia Angganingrum S. (2017) menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang baik dapat meningkatkan motivasi kerja guru, sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa motivasi kerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa[1].


Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. Siti Mahmudah, M.Si (2019) menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran[2].


Penelitian yang dilakukan oleh Tavib, Fahmi Oemar (2019) menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan komitmen guru, sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan budaya sekolah yang positif[4].


Penelitian yang dilakukan oleh Iman Firmansyah (2019) menemukan bahwa tidak ada pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMA Triguna Utama Ciputat. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran[5].


Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional guru yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui beberapa cara, seperti meningkatkan motivasi kerja guru, meningkatkan komitmen guru, dan meningkatkan budaya sekolah yang positif. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Dalam praktik, hasil penelitian ini dapat membantu para orang tua, konselor sekolah, dan guru dalam upaya membimbing dan memotivasi siswa remaja untuk menggali kecerdasan emosional yang dimilikinya. Dengan demikian, siswa dapat meningkatkan prestasi belajar dan menjadi lebih sukses di masa depan.


Citations:

[1] [PDF] pengaruh kecerdasan emosional guru http://lib.unnes.ac.id/31302/1/1401413203.pdf

[2] [PDF] PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ... http://etheses.uin-malang.ac.id/2771/1/10410137.pdf

[3] [PDF] pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa mata ... https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/download/56/3818

[4] [PDF] Peran Kecerdasan Emosional Guru dalam Meningkatkan Prestasi ... https://repository.unilak.ac.id/4261/1/8476-Article%20Text-28555-1-10-20211123.pdf

[5] [PDF] PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ... https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/6060/1/IMAN%20FIRMANSYAH-FPS.PDF

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa