Bagaimana cara pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

 Bagaimana cara pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa


Pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan beberapa cara:


1. **Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis**: PBM memungkinkan siswa untuk menghadapi masalah dan menemukan solusinya sendiri, sehingga siswa harus berpikir kritis dan analitis untuk memecahkan masalah. Hal ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa[1][2].


2. **Meningkatkan Kemampuan Komunikasi**: PBM memungkinkan siswa untuk berkomunikasi secara efektif dengan guru dan siswa lainnya dalam proses pembelajaran. Hal ini meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dan kemampuan berpikir kritis[2].


3. **Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis**: PBM memungkinkan siswa untuk mengembangkan disposisi berpikir kritis, yaitu kemampuan untuk berpikir kritis dan analitis dalam berbagai situasi. Hal ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa[3].


4. **Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah**: PBM memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan abstrak. Hal ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa[4][5].


Dengan demikian, PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan komunikasi, mengembangkan disposisi berpikir kritis, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.


Citations:

[1] PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK ... https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/64

[2] Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Siswa https://pe.feb.unesa.ac.id/post/pembelajaran-berbasis-masalah-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-komunikasi-siswa

[3] PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK ... https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3428

[4] MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN ... https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/1331

[5] Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan ... - Neliti https://www.neliti.com/id/publications/121971/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-dan-kemampuan-berpikir-kritis-terha

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa