Bagaimana cara guru dapat mengidentifikasi masalah yang relevan dengan kehidupan nyata siswa
Bagaimana cara guru dapat mengidentifikasi masalah yang relevan dengan kehidupan nyata siswa
Guru dapat mengidentifikasi masalah yang relevan dengan kehidupan nyata siswa dengan beberapa cara:
1. **Mengamati Kehidupan Siswa**: Guru harus mengamati kehidupan siswa dan memahami masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat melakukan observasi lapangan, wawancara, atau mengumpulkan data sekunder untuk memahami masalah yang relevan[3].
2. **Mengumpulkan Data**: Guru dapat mengumpulkan data melalui berbagai cara seperti membaca buku, mengumpulkan data sekunder, observasi lapangan, wawancara, dan lain-lain. Data ini digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang relevan dengan kehidupan siswa[3].
3. **Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis**: Guru harus mengembangkan disposisi berpikir kritis pada siswa dengan cara mengajukan masalah yang berbentuk open-ended dan memberikan contoh cara merumuskan dan mengajukan masalah dengan beberapa tingkat kesukaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dan mengidentifikasi masalah yang relevan[5].
4. **Menjadi Pelatih Siswa**: Guru harus menjadi pelatih siswa dalam proses pemecahan masalah, pengarahan diri, dan belajar dengan teman sebaya. Guru harus memfasilitasi proses pembelajaran berbasis masalah dan mengembangkan keterampilan inkuiri[5].
5. **Menggunakan Pembelajaran Kooperatif**: Guru dapat menggunakan pembelajaran kooperatif, seperti reciprocal teaching, untuk membangkitkan motivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dan mengidentifikasi masalah yang relevan[5].
Dengan demikian, guru dapat mengidentifikasi masalah yang relevan dengan kehidupan nyata siswa dengan cara mengamati kehidupan siswa, mengumpulkan data, mengembangkan disposisi berpikir kritis, menjadi pelatih siswa, dan menggunakan pembelajaran kooperatif.
Citations:
[1] [PDF] identifikasi hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik ... https://eprints.uny.ac.id/14413/1/SKRIPSI_Hasan%20Ismail.pdf
[2] Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah - Guruinovatif.id https://guruinovatif.id/artikel/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah-meningkatkan-keterampilan-siswa-dalam-pemecahan-masalah
[3] Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 https://smpn2kalibawang.sch.id/read/7/mengenal-metode-dan-model-pembelajaran-pada-kurikulum-2013
[4] MODEL PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA https://smkmaarifnu1ajibarang.sch.id/model-pembelajaran-pada-kurikulum-merdeka-2/
[5] [PDF] PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH - Jurnal UPI https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/download/3102/2124
Comments