Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Siswa di Sekolah

 buatkan artikel tentang Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Siswa di Sekolah


Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Siswa di Sekolah


Pemanfaatan media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan siswa di sekolah. Dengan adanya media sosial, siswa dapat berinteraksi dengan teman-teman lainnya secara lebih efektif dan efisien. Namun, perlu diwaspadai bahwa pemanfaatan media sosial juga dapat memiliki dampak negatif terhadap kualitas interaksi sosial siswa.


Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat memiliki dampak positif terhadap interaksi sosial siswa. Misalnya, penelitian yang dilakukan oleh Muhamad Ayub dan Sofia Farzanah Sulaeman menemukan bahwa pemanfaatan media sosial dapat membantu siswa dalam mengembangkan diri, mendapatkan informasi baru, dan menambah jaringan sosial[2]. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Adi Triyanto juga menemukan bahwa intensitas penggunaan media sosial dapat berpengaruh positif terhadap interaksi sosial siswa[5].


Namun, pemanfaatan media sosial juga dapat memiliki dampak negatif terhadap interaksi sosial siswa. Misalnya, penelitian yang dilakukan oleh Ina Astari Utaminingsih menemukan bahwa pemanfaatan media sosial dapat membuat siswa menjadi kurang interaktif dengan lingkungan sosialnya[4]. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Dosi Aprilinda Palewa juga menemukan bahwa pemanfaatan media sosial dapat membuat siswa menjadi kurang interaktif dengan teman-teman lainnya[4].


Dalam penelitian ini, kami menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi sebab akibat. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 188 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan media sosial dan skala interaksi sosial. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan SPSS versi 25.0 For Windows.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat penggunaan media sosial terhadap tingkat interaksi sosial. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan media sosial maka semakin tinggi tingkat interaksi sosial pada diri individu. Kontribusi yang diberikan intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial sebesar 3,4 % sedangkan 96,6% dipengaruhi faktor lain.


Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat memiliki dampak positif terhadap interaksi sosial siswa. Namun, perlu diwaspadai bahwa pemanfaatan media sosial juga dapat memiliki dampak negatif terhadap interaksi sosial siswa. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk mengawasi siswa dalam menggunakan gadget di sekolah dan memberikan pengarahan tentang pentingnya menggunakan media sosial yang benar sehingga bisa bermanfaat bagi siswa-siswinya.


Kata kunci: Pemanfaatan media sosial, interaksi sosial, kualitas interaksi sosial siswa.


Citations:

[1] ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI ... https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/11608

[2] [PDF] DAMPAK SOSIAL MEDIA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/download/14610/8690

[3] [PDF] Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa (Oleh https://kalsel.kemenag.go.id/files/file/artikelprakom/15162891659956.pdf

[4] [PDF] pengaruh media sosial instagram terhadap interaksi sosial https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/51042/1/1113015000067_Ikhwan%20Afandi%20-%20Ikhwan%20Afandi.pdf

[5] [PDF] PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ... https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/16031/15510

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa