Cara Menanam Kacang Panjang, Bisa Panen Setiap Hari

Pati - Cara Tanam Kacang Panjang -  Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia. Kacang panjang banyak diolah menjadi banyak menu atau olahan sayuran. Tak heran, banyak petani yang menanam kacang panjang karena begitu peduli. 



Kacang panjang sangat cocok ditanam pada tanah regosol, latosol dan aluvial. Laporan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Senin (10 Maret 2022), berikut langkah-langkah menanam kacang panjang agar hasil maksimal. Pemilihan benih

tanaman kacang panjang

Varietas kacang panjang cukup beragam. Pilih varietas unggul untuk pertumbuhan tanaman optimal dan panen maksimal. Kemudian siapkan benih untuk ditanam. Pastikan kacang panjang bebas hama. Penanaman Tanah tempat tumbuh kacang panjang harus digarap terlebih dahulu agar gembur. Kemudian, buat bedengan selebar 120-150 cm dan lubang tanam sedalam 3-5 cm. Dalam satu bedengan Anda bisa menanam dua baris tanaman dengan jarak 70 x 30 cm. Taburkan 2-3 kacang hijau di setiap lubang, lalu tutupi dengan lapisan tipis tanah.

Pupuk Kacang

Jika tanah yang akan digunakan terlalu asam, sebaiknya tanah tersebut diberi kapur dolomit agar pH tanah sesuai dengan kondisi tumbuh kacang panjang. Pengapuran dapat dilakukan tiga sampai empat minggu sebelum tanam atau pada saat pengolahan tanah. Pemupukan Selain pengapuran, kacang panjang juga harus dipupuk. Pupuk yang dapat diberikan adalah pupuk kandang, TSP, KCl dan urea. Pupuk dapat ditambahkan pada lubang tanam tiga hari sebelum tanam. Kemudian, tiga minggu setelah tanam juga dilakukan pemupukan urea berikutnya.

Tanaman harus disiram secara teratur sampai benih berkecambah. Saat pohon sudah mencapai ketinggian dua meter, pasanglah ajir agar pohon tidak tumbang. Selain itu, penimbunan dan penyiangan atau penyiangan harus dilakukan. Pengendalian hama Pengendalian hama dapat dilakukan secara sintetik dengan memadukan pengendalian mekanis, teknik budidaya, biologi dan kimia. Pengendalian secara kimiawi hanya dilakukan bila serangan hama telah melampaui ambang ekonomi batang.

Tahap Pemanenan

Pemanenan Kacang panjang dapat dipanen 50 sampai 60 hari setelah tanam. Pemanenan dapat dilakukan setiap minggu selama satu sampai dua bulan. Panen kacang panjang sebaiknya tidak terlambat dipanen karena dapat membuat kulitnya berserat dan alot. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa