Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang yang Benar, Bisa Panen Sampai 15 Kali

Pati - Cara Merawat Kacang Panjang Dengan Baik Dan Benar -  Kacang telah lama menjadi sayuran hijau dari keluarga kacang-kacangan. Sayuran ini bisa dimakan langsung untuk dibuat lalapan atau bisa dimasak terlebih dahulu. Selain rasanya yang enak, kacang panjang juga mengandung banyak komponen bermanfaat seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin. Kandungan protein nabati kacang panjang cukup tinggi, sekitar 17-21%. Ada dua varietas kacang panjang yang populer ditanam oleh petani yaitu kacang putih dan kacang hijau. Menanam tanaman kacang panjang cukup mudah, bahkan pemula pun bisa melakukannya.



Kacang panjang cocok ditanam di hampir semua lokasi, baik di dataran maupun dataran tinggi. Namun kacang panjang akan tumbuh paling baik pada ketinggian 400 hingga 600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan suhu antara 24 hingga 35 derajat Celcius.Lihat Foto Kacang Panjang Laporan dari Cybext Dinas Pertanian, Kamis Dua (14 November 2022), berikut ini adalah cara menanam kacang panjang yang baik agar mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Persiapkan lahan

Tanah untuk menanam kacang panjang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah menyiapkan lahan:

Bersihkan objek medan yang menyusahkan seperti cabang, batu, dan rumput liar. Longgarkan tanah dengan cangkul atau traktor. Setelah tanah gembur, buatlah hamparan bunga dengan lebar 100 sampai 120 cm, tinggi 30 sampai 50 cm dan panjang mengikuti kontur tanah. Beri jarak antar bedengan untuk drainase sekitar 40-50 cm. Berikan pupuk kandang dengan pupuk dasar sebanyak 15 sampai 20 ton/ha. Pemilihan bibit yang tepat akan menjamin pertumbuhan kacang panjang dan memberikan hasil yang maksimal. Menggunakan varietas tanaman unggul bersertifikat dan terjamin. Varietas kacang panjang unggulan seperti varietas Katrina, Parade, Marathon dan Persada. tanaman

Setelah tanah dibuat dan pemilihan dilakukan, langkah selanjutnya dalam menanam kacang panjang adalah menyemai benih. Pelajari cara menanam kacang panjang di bawah ini:

Buatlah lubang tanam pada bedengan dengan palu atau kayu sedalam 3-5 cm. Biarkan jarak tanam antar lubang menjadi 70 x 30 cm. Tempatkan 2-4 kacang panjang di setiap lubang. Tutupi lubang tanam dengan tanah. Lakukan perawatan rutin.

perawatan tanaman

Tanaman kacang panjang tumbuh dan berkembang dengan baik jika dirawat secara teratur. Perawatan tanaman kacang panjang meliputi; penyiraman, pemupukan, penyiangan, perbanyakan dan pencegahan penyakit tanaman. Panen Kacang panjang merupakan sayuran berhari pendek. Kacang dari umur 40 hingga 50 hari dapat dipanen. Pemanenan kacang panjang juga bisa dilakukan berkali-kali, hingga 10 sampai 15 kali panen, tergantung pemeliharaan yang dilakukan. Baca selengkapnya:

Gampang kok, begini cara tanam kacang panjang yang salah. Ini cara tanam kacang panjang yang salah. Ikuti langkah-langkah di atas agar kacang panjang yang ditanam menjadi subur dan menghasilkan panen yang melimpah.  

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa