5 Cara Menanam Kacang Panjang Lengkap - Ikrek

 Pati - Ikrek Official - 5 Cara Menanam Kacang Panjang Lengkap - Halo para petani, kembali lagi ke artikel ikrek official Kali ini kita akan membahas cara menanam kacang panjang.



Ada yang tau cara budidaya kacang panjang yang baik dan bagus? Sekarang, mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Mengenal kacang panjang

Kacang panjang merupakan tanaman yang dimanfaatkan sebagai lalapan atau lalapan. Tumbuh dengan memanjat atau memutar.

Bagian yang berubah menjadi sayur atau lalapan adalah buahnya yang masih muda dan berbutir halus, kacang panjang ini mudah ditemukan di daerah Asia yang panas. Daunnya bisa disebut mallow dan bisa juga digunakan sebagai sayuran hijau.

Cara menyemai kacang panjang adalah dengan menanam langsung dengan memasukkan sekitar 2-3 biji ke dalam lubang sedalam 1-2 cm kemudian ditimbun, sekitar 30 hari berbunga dan 45 hari mulai panen.

Manfaat kacang panjang

  • Menurunkan gula darah. Pereda sakit.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Darah tambahan.
  • Meningkatkan stamina. Memperbesar dada.
  • Menjaga kecerahan kulit.
  • Makanan untuk ibu hamil.
  • Menjaga imunitas tubuh.
  • Mencegah diabetes
  • Kesehatan kardiovaskular dan kardiovaskular.
  • Sumber antioksidan.

Syarat tumbuh kacang panjang

1. Tempat penanaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi penanamannya, karena kacang panjang dapat tumbuh sangat baik di daerah sampai sekitar 1500 derajat di atas permukaan laut dan lebih baik lagi di dataran rendah.\

Alasan utamanya adalah kacang panjang yang ditanam di dataran rendah akan lebih cepat tumbuh atau panen dibandingkan dengan kacang panjang yang ditanam di dataran tinggi. 

2. Iklim

Selanjutnya iklim dan suhu, kacang polong dapat tumbuh dengan baik di tempat yang bersuhu sekitar 20 sampai 30 derajat Celcius, maka iklim yang cocok untuk kacang hijau adalah gersang, sedikit hujan.

lantai 3

Meskipun hampir semua jenis tanah di Indonesia dapat ditanami kacang panjang, ada tanah yang sangat baik untuk ditanami kacang panjang, yaitu tanah latosol atau lempung berpasir dan memiliki pH tanah sekitar 5,5 hingga 6 ,6.

Cara budidaya kacang panjang

Pertama. Kacang panjang pilihan berkualitas

Pemilihan bibit yang berkualitas untuk penanaman kacang panjang menjamin pertumbuhan yang baik dan buah yang berkualitas.

Berikut adalah ciri-ciri kacang tanah yang berkualitas, khususnya:

  • Biji tidak berjamur.
  • Paket benih selalu tersegel utuh.
  • Memiliki verifikasi dari dinas pertanian atau organisasi resmi negara.
  • Benih belum kadaluarsa. Gandum tidak rusak atau cacat.

2. Perawatan tanah

  • Siapkan alat pertanian berupa cangkul dan sabit
  • Setelah itu, bersihkan area rumput dan banyak hama jahat lainnya
  • Setelah tanah bersih, langkah selanjutnya adalah menggali tanah hingga kedalaman sekitar 40cm, dalam proses ini dapat ditambahkan pupuk kandang kering agar tercampur rata.
  • Kemudian Anda bisa membuat bedengan dengan lebar sekitar 120 cm, tinggi bedengan 40 cm dan panjang tergantung luas lokasi yang dipilih.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat lubang dengan jarak antar lubang sekitar 50X50X50 cm. Pada setiap alur beri parit drainase dengan jarak sekitar 50 cm
  • Bangun dari tempat tidur selama beberapa minggu.

3. Tumbuhkan kacang panjang

Tanamlah kacang panjang pada awal musim hujan agar tanaman mendapat cukup air. Ada tempat menanam menjelang akhir musim hujan agar buncis tidak membusuk dalam waktu lama.

Secara umum, tidak masalah kapan menanam, yang penting kacang cukup lama untuk disiram. Dalam cara menanam kacang panjang, lubangi tanah untuk menyemai benih dengan jarak antar lubang sekitar 30-60cm. Isi bijinya dengan kacang polong panjang, 2-3 biji tiap lubangnya. Tutupi saja lubangnya dengan lapisan tanah yang tipis agar kuncupnya bisa keluar dengan mudah. 

Siapkan bambu panjang 2m untuk pemasangan rig kacang panjang nanti. Sulur tanaman akan mulai muncul sekitar 4-5 hari setelah penyemaian. Jika ada yang tidak tumbuh, segera ganti.

4. Perawatan kacang Panjang

menyengat

Jika ada kacang panjang yang rusak atau mati, maka harus segera disulam dan diganti dengan yang baru agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh secara bersamaan. Penyulaman ini dapat dilakukan hingga sekitar 5-7 hari setelah tanam.

penyiangan

Mencabut gulma atau tanaman pengganggu lain yang tumbuh di sekitar tanaman dalam pot/kantong plastik agar tidak menyerap unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kacang panjang.

mengibaskan debu

Air secara teratur, yaitu setiap pagi dan sore. Penyiraman ini juga bisa dilakukan secukupnya.

mengatur Tiang

Turus atau jambul ini digunakan sebagai penyangga perbanyakan tanaman kacang polong. Tiang dapat berupa batang kayu atau potongan bambu dengan panjang 150-200 cm dan lebar 3 cm. Pemasangan tiang dilakukan setelah pohon berumur 2 minggu atau telah mencapai ketinggian ± 25 cm.

pemupukan

Lakukan pemupukan jika tanaman buncis berumur sekitar 3 minggu. Pupuk juga bisa menggunakan urea, sp-36 bahkan KCl dengan dosis yang cukup. Saat tanaman akan berbunga, yaitu sekitar 4 minggu setelah tanam, Anda bisa menyemprot dengan pupuk daun. 5. Panen kacang panjang

Tanaman kacang panjang mulai berbunga saat berumur sekitar 30 hari setelah tanam. Buah muda setelah kurang lebih 45 hari sudah bisa dipanen.

Kacang panjang yang dapat dipanen dicirikan oleh salah satu warnanya sendiri yang montok, rapuh dan seragam berwarna hijau hingga putih kebiruan.

Kacang panjang dapat dipilih dengan memutar pangkal buah. Pemanenan dapat dilakukan secara bertahap dengan selang waktu sekitar 3 hari. Panen paling baik dilakukan pada pagi hari.

Demikianlah penjelasan terlengkap tentang √ 5 Cara Menanam Kacang Panjang Lengkap. Semoga bermanfaat dan juga bisa menambah pengetahuan cara menanamnya. TERIMA KASIH. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa