Punya Jenis Rambut Ikal ? Berikut, 8 Cara Merawat Rambut Ikal pada Wanita

 Rambut keriting adalah salah satu nikmat Tuhan bagi manusia. Sayangnya, banyak orang, terutama wanita, menganggap rambut keriting sebagai salah satu jenis rambut yang paling menyebalkan.



Mengapa? Sepertinya dari sekian banyak jenis rambut keriting, tidak ada satupun yang mudah diatur dan diatur.



Kami rasa kami sudah mencoba semua cara, tapi rambut keriting ini masih membandel. Karena rambut keriting butuh banyak trial and error sebelum akhirnya menemukan cara perawatan yang tepat.

Sayangnya, tidak semua wanita menemukan cara yang tepat dan justru rambut keriting menimbulkan banyak masalah. Kita juga sering kecewa.

Di bawah ini adalah cara mudah dan tidak ribet untuk merawat rambut keriting wanita:

1 Cuci rambut minimal seminggu sekali

Cara pertama dan termudah untuk merawat rambut keriting pada wanita adalah dengan keramas. Sebagai wanita berambut keriting, kita tidak boleh malas untuk keramas dan tidak boleh terlalu sering keramas karena itu salah satu kebiasaan buruk mandi.

Jika aktivitas kita tidak terlalu berat, dan tubuh berkeringat deras, setidaknya bersihkan ikal dengan keramas seminggu sekali. Cukup mudah, bukan?

Penting juga untuk membasahi ikal terlebih dahulu sampai benar-benar basah, lalu mengoleskan sampo ke rambut. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala terlebih dahulu kemudian memijat shampo di sepanjang rambut. 

2 Lepaskan ikatan rambut

Kita semua tahu bahwa masalah umum rambut keriting adalah sering kusut. Alhasil, rambut terasa lebih dewasa dan patah saat disisir atau rontok.

Belum lagi saat keramas, banyak rambut yang terbawa air dan mengendap di kamar mandi. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi pada rambut kita setiap saat. Sebelum keramas, selain menggunakan bahan alami anti rambut rontok, kita bisa menghilangkan jebakan rambut terlebih dahulu. Anda bisa menghilangkan simpul ini dengan tangan menggunakan sisir bergigi rapat, atau jika masih kesulitan, Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu dengan air lalu melepaskan ikatannya.

3 Gunakan sampo yang tepat

Rambut keriting pasti membutuhkan produk perawatan tambahan untuk merawatnya. Produk perawatan tersebut antara lain hair mousse, hair cream, hair oil dan hair spray. Semua produk ini bagus untuk merawat rambut keriting, tetapi terkadang tidak mudah larut dalam air. Hal ini menyebabkan residu produk tersebut mengendap di rambut dan kulit kepala.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan sampo yang tepat. Jangan hanya membeli shampo yang murah atau sedang viral, cari shampo yang benar-benar cocok untuk rambut Anda dan akan membersihkan rambut dan kulit kepala Anda secara mendalam.

4 kondisioner dan uap rambut

Kondisioner adalah salah satu produk perawatan rambut dasar. Kondisioner sangat disukai oleh rambut keriting karena dapat membuat rambut lembut dan mudah dirawat.

Saat menggunakan kondisioner, baca petunjuk penggunaan dan perhatikan berapa lama kondisioner bisa tertinggal di rambut. Misalnya, petunjuk penggunaan menyarankan untuk membiarkan kondisioner pada rambut Anda selama 15 menit, jadi hentikan penggunaannya dan segera bilas.

Jika Anda memiliki steamer untuk rambut, sebaiknya gunakan steamer saat kondisioner masih menempel di rambut. Uap panas dari steamer membuka lapisan kutikula rambut dan memungkinkan kondisioner meresap lebih baik. Ini membuat ikal kita terasa lebih lembut dan sehat.

5 Identifikasi jenis rambut

Mengenali jenis rambut mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita. Padahal, ikal setiap wanita bisa berbeda.  

Mengetahui gaya rambut kita membantu kita menentukan tekstur yang paling cocok untuk produk perawatan rambut tambahan, juga membantu kita menentukan tren rambut pendek untuk semua jenis wajah, dan merupakan cara mudah untuk menentukan warna rambut kita. Misalnya:

Untuk rambut yang sangat keriting atau keriting, Anda bisa menggunakan krim atau gel perawatan rambut untuk mengatur volume rambut.

Untuk rambut dengan ikal tipis atau rambut bergelombang, Anda bisa menggunakan mousse atau mousse untuk membuat rambut Anda terlihat pirang

6 Lindungi ikal Anda saat Anda tidur

Siapa disini yang selalu bergumul dengan rambut ikal yang kusut saat bangun pagi? Ya, sepertinya hampir setiap wanita berambut keriting merasakan hal yang sama.

Untungnya, ini bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana. Caranya cukup sederhana yaitu melindungi ikal kita saat kita tidur.

Untuk melindungi ikal saat tidur, kamu bisa mengikat rambut ke belakang dan mengikatnya menjadi sanggul di atas kepala. Kepala kemudian dibungkus dengan kain lembut, seperti kain sutra. Atau, sarung bantal satin atau sutra dapat digunakan untuk mencegah rambut kusut saat bergesekan dengan kain.

7 Jangan menyentuh rambut

Saat kita di rumah, terkadang kita ingin menyentuh rambut kita untuk merawatnya. Itu tidak salah, karena kita pasti selalu ingin tampil keren dimanapun kita berada. Sayangnya, terlalu sering menyentuh rambut justru bisa menimbulkan efek negatif.

Tangan kita dapat mengeluarkan produk perawatan rambut yang kita gunakan dan menyerap kelembapan dari rambut. Jika ini dilakukan terus-menerus, ikal kita akan terlihat kering dan semakin sulit dikendalikan.

8 Keringkan rambut Anda dengan benar

Rambut keriting terlihat lebih sulit untuk dikeringkan. Ada beberapa cara untuk melakukannya, namun sebagian rambut belum kering.

Bahkan, menyisir rambut saat basah atau belum benar-benar kering juga menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah. Faktanya, cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah dengan membiarkannya mengering.

Namun, agar ikal cepat kering, kita juga bisa memelintir rambut dengan lembut menggunakan handuk microfiber atau baju katun. Jika Anda memilih untuk menggunakan pengering rambut, ingatlah juga untuk menyimpan diffuser di dekat Anda saat menggunakan perangkat agar Anda mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan rambut Anda.

Atau Anda bisa mengoleskan serum ke rambut Anda sebelum mengeringkannya agar tidak terlalu kering.  

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa