23 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis

Pati, Ikrek Official -  23 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis - Apa manfaat kesehatan dari kunyit? Kunyit merupakan bahan makanan dengan warna dan rasa yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu, kunyit juga digunakan sebagai obat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Kandungan Kunyit Sebelum menjelaskan manfaat kunyit bagi kesehatan, sebaiknya Anda juga mengetahui kandungannya. Rimpangnya merupakan bagian akar kunyit yang banyak digunakan. Manfaat rimpang kunyit yang diterima tubuh karena kandungan kurkumin dan minyak atsiri. 



Selain itu, kurkumin juga berperan dalam memberikan warna kuning-oranye pada tanaman ini. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada kunyit,  kalori protein,  Gemuk,  karbohidrat,  Serat,  Jalan. 

Manfaat Kunyit 

Bagi Kesehatan Setelah mengetahui kandungan kunyit, kini saatnya Anda mengetahui manfaat kunyit secara umum. Berikut beberapa manfaat kunyit yang bisa didapatkan tubuh, antara lain:

  1. Mengurangi Gejala Osteoarthritis, Manfaat kunyit yang pertama adalah kemampuannya untuk mengurangi gejala osteoarthritis. Senyawa tumbuhan dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat mengurangi penanda peradangan, sehingga mengurangi gejala osteoarthritis.
  2. mencegah obesitas, Kurkumin hadir dalam kunyit menghambat jalur inflamasi yang terkait dengan obesitas dan membantu mengatur lemak tubuh.
  3. Mengurangi efek berbahaya dari diabetes Bagi penderita diabetes, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat kunyit karena sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme gula darah sehingga berpotensi mengurangi dampak diabetes pada tubuh.
  4. Kalahkan Kanker, Menurut beberapa penelitian, kunyit dapat digunakan untuk mengobati kanker. Manfaat kunyit bagi tubuh karena kandungan kurkuminnya yang dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker dan berkontribusi dalam penghancuran sel kanker. Juga, manfaat kesehatan lain dari kunyit adalah kemampuannya untuk memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim ini secara definitif.
  5. Perlindungan Kesehatan Hati Satu studi pada tikus menemukan bahwa ekstrak kunyit dapat melindungi dari kerusakan hati kronis dengan membantu mengurangi stres oksidatif yang berbahaya.
  6. anti jamur Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengganggu membran sel jamur dan dapat digunakan bersamaan dengan obat antijamur lainnya untuk hasil yang lebih baik.
  7. Antibakteri Manfaat kunyit yang paling umum adalah kemampuannya melawan bakteri. Memiliki efek antibakteri yang kuat, kunyit dapat mencegah pertumbuhan beberapa bakteri penyebab penyakit. 
  8. Anti Inflamasi Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Peradangan tingkat rendah kronis memainkan peran utama dalam sebagian besar penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, penyakit Alzheimer, dan berbagai penyakit degeneratif. Oleh karena itu, apa pun yang dapat membantu melawan peradangan kronis memiliki peran penting dalam mencegah dan bahkan mengobati beberapa penyakit tersebut. Manfaat kunyit ini karena kemampuannya untuk memblokir NF-kB, sebuah molekul yang bergerak ke inti sel Anda dan mengaktifkan gen yang terlibat dalam peradangan. NF-kB dianggap memainkan peran kunci dalam banyak penyakit kronis. Curcumin secara biologis aktif melawan peradangan pada tingkat molekuler.
  9. Melindungi tubuh dari radikal bebas Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu merasakan manfaat kunyit. Kandungan kurkuminnya dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting seperti asam lemak, protein atau DNA. Alasan utama mengapa antioksidan ini sangat bermanfaat adalah karena melindungi tubuh dari radikal bebas. Curcumin adalah antioksidan kuat yang memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas berkat struktur kimianya. Selain itu, kurkumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh. Dengan demikian, kurkumin memberikan perlawanan langsung terhadap radikal bebas, sehingga merangsang kapasitas antioksidan tubuh.
  10. Menjaga fungsi otak Brain-derived neurotrophic factor (BDNF) adalah hormon yang berperan dalam proses pembentukan koneksi baru di otak. Manfaat kunyit untuk kesehatan di sini adalah meningkatkan konsentrasi BDNF di otak, sehingga mencegah penyakit terkait otak. Peningkatan hasil BDNF dalam peningkatan kapasitas memori. Banyak gangguan otak yang umum terkait dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, curcumin dapat meningkatkan kadar BDNF di otak, manfaat kunyit ini bisa efektif dalam menunda atau bahkan menunda banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Namun, studi terkontrol diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.
  11. Mengatasi depresi Sebuah penelitian menemukan bahwa kurkumin bermanfaat untuk mengatasi depresi. Menurut penelitian ini, manfaat kunyit sama efektifnya dengan penggunaan antidepresan. Depresi juga dikaitkan dengan brain-derived neurotrophic factor (BDNF) dan berkurangnya hippocampus, area otak yang berperan dalam pembelajaran dan memori. Bukti lain menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin di otak.
  12. Anti Penuaan Salah satu manfaat kunyit yang paling banyak diminati orang karena kemampuannya untuk menunda penuaan dan melawan penyakit kronis yang berkaitan dengan usia. Karena alasan inilah kurkumin menjadi sangat populer sebagai suplemen anti penuaan. 
  13. Mengurangi Mual Timbulnya rasa mual bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari stres hingga infeksi saluran cerna. Jika rasa mual Anda berhubungan dengan pencernaan, manfaat kesehatan dari kunyit adalah untuk mengurangi rasa mual. Kandungan fitokimia pada kunyit berfungsi memberikan antioksidan dalam tubuh yang memiliki efek antitoksin untuk mengatasi rasa mual.
  14. Mengobati Asam Lambung Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi satu sendok teh rempah kunyit, tubuhnya terbukti memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud disini adalah lambung dan usus besar. Waspadalah, senyawa dalam kunyit bermanfaat melindungi dan melapisi lapisan perut dengan meningkatkan produksi lendir. 
  15. Meredakan Diare dan Kembung pada Perut Untuk memastikan pencernaan Anda dalam keadaan baik, salah satu tanda yang jelas adalah adanya gas yang keluar dari sistem pencernaan. Namun, jika gas yang Anda keluarkan terlalu banyak, hal itu menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan. Manfaat kesehatan kunyit adalah mengurangi tekanan gas di perut. Senyawa dalam kunyit bekerja mengurangi kelebihan asam di lambung. Sebagai tip, coba tuangkan satu sendok teh bubuk kunyit halus ke dalam secangkir air hangat berukuran sedang. Konsumsi secara rutin selama 2 minggu berturut-turut. Selain masalah gas, manfaat kesehatan lain dari kunyit adalah kemampuannya mengatasi diare. Kandungan magnesium dan potasium dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras oleh diare. Kunyit digunakan dalam pengobatan Ayurveda sebagai penyembuh pencernaan. Saat ini, manfaat kunyit sedang dieksplorasi sebagai pengobatan sindrom iritasi usus besar.
  16. Sebagai obat alergi Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya mirip dengan obat alergi. Seperti antihistamin, manfaat kesehatan kunyit mencegah pelepasan histamin, bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi dan menghambat aktivitas protein inflamasi.
  17. Menjaga kondisi paru-paru penderita asma Kunyit memiliki sifat pereda nyeri yang dapat membantu meredakan nyeri. Selanjutnya, manfaat kesehatan lebih lanjut dari kunyit digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menghambat bronkitis.
  18. Penurunan Berat Badan Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi suplemen kurkumin secara teratur selama 30 hari terbukti meningkatkan penurunan berat badan, menghasilkan penurunan hampir 5% dari berat badan dan penurunan lemak tubuh, bisa sampai 8%. Penting untuk diingat bahwa Anda mungkin tidak akan mendapatkan efek yang sama saat menggunakan kunyit asli. Namun, tidak ada salahnya menambahkannya ke dalam menu harian Anda. Sebaliknya, membumbui makanan Anda dengan kunyit dapat membantu mengurangi kebutuhan akan tambahan garam, lemak, atau gula.
  19. Menjaga kesehatan kulit Selain penyakit, manfaat kunyit sangat bermanfaat untuk kulit. Kunyit dapat ditambahkan ke dalam masker, serum, dan pembersih untuk mengurangi peradangan. Satu studi menemukan bahwa manfaat kunyit dapat memperbaiki gejala kondisi kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, gatal kronis, dan penuaan dini.
  20. Memperbaiki Asma Menambahkan kunyit ke pengobatan asma konvensional tampaknya tidak memperbaiki fungsi paru-paru atau mengurangi sebagian besar gejala asma pada orang dewasa atau anak-anak. Namun, menambahkan kunyit untuk pengobatan asma pada anak-anak dapat mengurangi kebutuhan akan inhaler dan mengurangi terbangun di malam hari.
  21. Menjaga kadar zat besi dalam tubuh Perubahan kadar hemoglobin dalam darah dapat menandakan masalah kesehatan, terutama masalah yang berhubungan dengan darah. Seseorang dengan talasemia beta mungkin memerlukan transfusi darah karena menyebabkan terlalu banyak zat besi dalam darah. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menurunkan kadar zat besi darah penderita beta-thalassemia.
  22. Menjaga kesehatan usus Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurkumin setiap hari selama 30 hari mampu mengecilkan kelenjar prakanker di usus besar, terutama yang berisiko tinggi terkena kanker. Selain itu, seseorang yang mengonsumsi kunyit setiap hari selama sebulan juga dapat mengurangi gerakan usus, diare, dan sakit perut pada penderita penyakit Crohn.
  23. Mengurangi resiko serangan jantung Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat kunyit bermanfaat bagi orang yang ingin memulai atau setelah operasi jantung. Mengkonsumsi kunyit 3 hari sebelum operasi dan dilanjutkan selama 5 hari setelah operasi dapat mengurangi resiko serangan jantung pasca operasi bypass. Nah, itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan. 

Manfaat kunyit putih

Setelah mengetahui manfaat kunyit di atas, penting juga untuk diketahui bahwa ada jenis kunyit lain yang juga memiliki manfaat untuk tubuh. Kunyit putih mengandung banyak unsur kimia seperti tianin, pati, kurkumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid dan protein beracun yang memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.   Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kunyit putih, antara lain:

Memperbaiki masalah pencernaan

Penggunaan kunyit putih telah lama digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, minyak atsiri kunyit putih bermanfaat untuk mengobati sakit perut, sesak napas, kehilangan nafsu makan, perut kembung, dan buang air besar tidak teratur.

Mengurangi peradangan dan nyeri

Kunyit putih adalah anti inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan kondisi kulit lainnya. Selain itu, manfaat kunyit putih juga biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit radang usus (kolitis).

Bahkan, kunyit putih juga bisa digunakan untuk melindungi paru-paru penderita asma dengan cara membatasi pelepasan mediator inflamasi selama pengobatan jangka pendek. Sifat diuretik kunyit putih mendorong pembuangan zat berbahaya dan kelebihan cairan dalam tubuh, terutama di persendian.

Jika tidak didetoksifikasi, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada radang sendi dan rematik. Selain itu, manfaat kunyit putih lainnya adalah menurunkan suhu tubuh saat demam dengan membersihkan bakteri penyebab infeksi dan memperbanyak keringat.

Kegunaan kunyit hitam

Berbeda dengan kunyit kuning atau putih, kunyit hitam kurang dikenal masyarakat. Berikut adalah manfaat kesehatan dari kunyit hitam, antara lain:

Meningkatkan Kekebalan Sifat koleretik, antibakteri, dan karminatif kunyit hitam dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kunyit hitam dapat digunakan untuk melawan demam, disentri dan infeksi cacing.

Mengatasi masalah seksual

Manfaat kunyit hitam telah terbukti menyembuhkan impotensi atau masalah yang berkaitan dengan kondisi kesuburan seperti PCOS, endometriosis, fibroid rahim, kista ovarium, nyeri pramenstruasi, infertilitas, menstruasi karena kurangnya sirkulasi darah atau stasis darah.

Mengatasi masalah pernapasan

Kunyit hitam adalah salah satu kunyit yang paling efektif dalam menyembuhkan penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, radang paru-paru, batuk dan pilek.

Membantu menurunkan berat badan dan mengatur gula darah

Kunyit hitam dipercaya dapat membantu pemecahan lemak dalam tubuh.

Jika Anda sedang mencari berat badan yang ideal, coba tambahkan beberapa kunyit hitam ke dalam makanan harian Anda untuk mencegah kelebihan berat badan. Juga, ketahuilah bahwa produksi empedu yang efisien membantu pencernaan yang lebih baik dan mencegah penyakit hati. Manfaat kunyit hitam sangat membantu dalam mengurangi risiko berkembangnya resistensi insulin dalam tubuh.  






 https://doktersehat.com/herbal-a-z/pengobatan-alternatif/manfaat-kunyit-bagi-kesehatan/ 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa