18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Ikrek

Pati, Ikrek Official - 18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui  - Kunyit adalah bumbu yang sangat umum digunakan di banyak negara di kawasan Asia. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata penggunaan kunyit juga sangat baik untuk kesehatan lho.



Masyarakat Asia Tengah pertama kali merasakan khasiat kunyit dalam pengobatan berbagai penyakit, seperti gangguan pernafasan, kelelahan, rematik dan beberapa penyakit serius lainnya.

Kenali jenis-jenis kunyit

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis kunyit lho? Ada kunyit putih dan merah. Kunyit putih atau yang biasa dikenal dengan kunyit kuning, sepintas menyerupai jahe karena kulit dan permukaan dalamnya yang lebih mengkilap. Sedangkan pati kunyit merah memiliki warna jingga atau kuning yang lebih gelap.

Saat ini kunyit merah merupakan salah satu hal yang sering kita jumpai dipasaran dan sering digunakan sebagai bumbu masakan. Sedangkan kunyit putih yang biasa dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai kunyit putih biasa digunakan untuk pengobatan. Yuk pelajari 2 jenis bubuk kunyit ini beserta kegunaan dan khasiatnya di bawah ini!


1. Kunyit putih atau kuning

Secara ilmiah kunyit putih memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria, umbinya berbentuk rimpang dengan kulit berwarna jingga cerah dan bagian dalam yang keras. Sekilas bentuk permukaannya saat diiris menyerupai akar jahe.

Meski termasuk keluarga kunyit, baunya seperti campuran mangga dan kunyit. Kunyit putih biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk irisan kering.

Kunyit putih mengandung komponen anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyelamatkan Anda dari masalah pernapasan dan pencernaan. Kegunaan dan khasiat kunyit putih :

Pencernaan yang sehat

Kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, buang air besar tidak teratur, dan gangguan pencernaan lainnya.

Mengurangi peradangan

Kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melawan peradangan, terutama bagi penderita radang sendi. Bahkan bisa juga mengobati luka dan penyakit kulit lainnya

Sumber antioksidan

Karena adanya berbagai antioksidan, kunyit putih memiliki sifat menghambat pertumbuhan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Senyawa kurkumin bertindak sebagai anti alergi, membantu menghalangi pelepasan bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi.

Memperkuat sistem pernapasan

Masalah pernapasan seringkali disebabkan oleh cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Lendir dan dahak menyumbat saluran hidung, menyebabkan sesak napas dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, batuk, dan pilek.

Memasukkan kunyit putih ke dalam resep dapat memberi Anda manfaat di atas.

2. Kunyit Merah

Kunyit atau kunyit longa mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti kemampuannya untuk mencegah penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. 

3. Mengatasi jerawat dan dermatitis

Zat anti inflamasi dan antioksidan pada kunyit tidak hanya memiliki kemampuan untuk memperbaiki masalah serius pada tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. The Macedonian Journal of Medical Sciences melaporkan bahwa kurkumin sangat efektif dalam mengobati psoriasis atau dermatitis.

Tak hanya menutrisi kulit tubuh, kandungan kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat membandel di wajah. Hal ini disebabkan fungsi agen anti inflamasi yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

4. Mencegah penuaan dini

Jika Anda perhatikan, ada banyak suplemen kesehatan untuk wajah yang mengandung curcumin. Tak hanya memiliki efek mencegah penyakit, kurkumin pada kunyit juga memiliki khasiat untuk mengatasi penuaan dini.

Penuaan dini pada kulit khususnya kulit wajah dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satu yang cukup berpengaruh adalah radikal bebas. Hal ini membuat kulit sulit untuk menyelesaikan proses regenerasi. Senyawa antioksidan yang ada dalam kunyit dapat melawan radikal bebas tersebut. Dengan cara ini, regenerasi kulit dapat berlangsung dan Anda terhindar dari penuaan dini.

5. Manfaat kunyit dalam mencegah kanker

Salah satu dari sedikit manfaat kunyit yang diketahui adalah kemampuannya melawan sel kanker. Curcumin sendiri bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel tumor yang jika dibiarkan akan menjadi kanker. Oleh karena itu, sebelum memasuki stadium kanker, kunyit berperan sangat penting dalam membunuh sel-sel pemula. Walaupun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa sel tumor yang telah berubah menjadi sel kanker masih dapat dihambat oleh zat kuning dari kunyit itu sendiri.

Pencegahan akan dilakukan karena perubahan pada tingkat molekuler dapat dihindari, sebelum akhirnya berubah menjadi zat yang semakin keras.

Mengenai pengobatannya, US National Institutes of Health mengatakan bahwa penelitian masih berlangsung mengenai dosis yang tepat untuk membunuh sel kanker.

6. Pencegahan penyakit Alzheimer

Sampai saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer secara permanen. Yang dilakukan tenaga medis adalah mengobati gejala yang muncul. Karena itu, pencegahan penyakit ini sangat penting.

Curcumin, zat kuning dalam kunyit, dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dengan mengurangi plak beta-amyloid yang menumpuk di otak. Tak hanya itu, radang saraf juga bisa diminimalisir. 

7. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Otak

Berbicara tentang otak, kunyit juga efektif dalam mencegah gangguan atau penyakit tertentu lainnya yang berkaitan dengan sistem saraf pusat, termasuk penyakit Parkinson. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi faktor neurotropik otak (BDNF).

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa BDNF dapat mengoptimalkan pertumbuhan neuron yang berperan penting dalam memerangi degenerasi seluler di otak. Saraf kognitif pada otak manusia juga akan berfungsi normal dengan adanya senyawa kurkumin dalam tubuh. 

8. Pengobatan dan pencegahan diabetes

Masih dengan bahan utama kunyit yaitu kurkumin, manfaat kesehatan lainnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Pada kasus diabetes, kurkumin bekerja dengan cara mengontrol kadar gula darah dalam tubuh seseorang.

Sangat penting untuk memperhatikan gula darah agar terhindar dari penyakit diabetes. Sensitivitas kurkumin sangat efektif dalam menurunkan glukosa (faktor pemicu naiknya kadar gula darah), serta menurunkan kadar insulin darah.  

7. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Otak

Berbicara tentang otak, kunyit juga efektif dalam mencegah gangguan atau penyakit tertentu lainnya yang berkaitan dengan sistem saraf pusat, termasuk penyakit Parkinson. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi faktor neurotropik otak (BDNF).

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa BDNF dapat mengoptimalkan pertumbuhan neuron yang berperan penting dalam memerangi degenerasi seluler di otak. Saraf kognitif pada otak manusia juga akan berfungsi normal dengan adanya senyawa kurkumin dalam tubuh. 8. Pengobatan dan pencegahan diabetes

Masih dengan kandungan utama kunyit yaitu kurkumin, manfaat kesehatan lainnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Pada kasus diabetes, kurkumin bekerja dengan cara mengontrol kadar gula darah dalam tubuh seseorang.

Sangat penting untuk memperhatikan gula darah agar terhindar dari penyakit diabetes. Sensitivitas kurkumin sangat efektif dalam menurunkan glukosa (faktor yang meningkatkan gula darah), serta menurunkan kadar insulin darah. Baca selengkapnya:

Penderita Diabetes Banyak Makan Gula, Aman Tidak?

9. Menjaga tekanan darah

Tak hanya gula darah, kurkumin juga memiliki efek mengontrol tekanan darah pada manusia. Tekanan darah yang tidak stabil sering terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan penurunan fungsi endotel vaskular. Sel endotel yang tidak stabil dapat menyebabkan aliran darah yang buruk di arteri. Akibatnya, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat terjadi.

Curcumin, bahan aktif paling ampuh dalam kunyit, dapat mengoptimalkan kinerja sel endotel. Dengan begitu, peredaran darah ke seluruh tubuh bisa berjalan dengan lancar. Berkat ini, tekanan darah yang tidak stabil dapat dikendalikan. 

10. Menenangkan Emosi dan Depresi

Jika Anda suka marah, sulit mengontrol emosi dan sering merasa tertekan, maka Anda harus mulai mengonsumsi kunyit. Emosi, stres, dan depresi semuanya bergantung pada bagaimana otak menginterpretasikan sesuatu.

Curcumin efektif dalam mendukung kinerja neurotransmitter (senyawa yang menghubungkan satu sel ke sel lainnya) untuk memaksimalkan fungsi serotonin, senyawa di otak yang dapat menimbulkan perasaan senang.

Kadar serotonin yang rendah membuat Anda lebih rentan terhadap stres, kemarahan, dan depresi. Dalam percobaan yang melibatkan tiga kelompok yang terdiri dari 60 orang dengan depresi, satu kelompok memiliki kontrol emosi yang lebih baik setelah diberi kurkumin selama enam minggu, kata US National Library of Medicine, Institute of Health. .

11. Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kunyit juga tak kalah bermanfaat yaitu dapat mencegah berbagai gangguan pada jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, kurkumin bekerja dengan mengoptimalkan fungsi endotelium, yaitu lapisan pembuluh darah.

Berbagai kelainan dan penyakit jantung disebabkan oleh sel endotel yang rusak atau ketidakmampuan untuk mengatur tekanan darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah kerusakan sel endotel, terutama dengan mengkonsumsi kunyit.

Selain itu, kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan oksidasi. Keduanya merupakan penyebab utama dari banyak kasus penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.

12. Manfaat Kunyit untuk Alergi

Alergi adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh manusia mengenali zat asing yang berbahaya bagi tubuh. Meskipun kedengarannya normal, seseorang dengan alergi tertentu berarti sistem metabolisme mereka bereaksi berlebihan.

Alergi sering terjadi dengan munculnya ruam atau bintik merah pada kulit. Meski tidak sedikit berupa batuk atau bersin. Bubuk kunyit adalah bumbu yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Aktivitas inflamasi seperti alergi pada tubuh dapat diatasi dengan kurkumin. Senyawa aktif dalam kurkumin dapat membantu sistem tubuh mengurangi gejala pilek, bersin, batuk, dan tanda alergi lainnya.

13. Manfaat Kunyit untuk Liver

Liver atau hati merupakan salah satu organ vital bagi kelangsungan hidup manusia. Di organ ini, racun yang masuk ke dalam tubuh bisa dihancurkan.

Inilah mengapa beberapa kasus gangguan hati yang tidak ditangani dengan baik akan berujung pada kematian atau bahkan kematian.  

Curcumin sendiri tidak bekerja dengan menghancurkan racun ini tetapi menjaga agar hati berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan. Dengan cara ini, hati tetap bisa melakukan detoksifikasi atau membuang racun dari dalam darah.

Tidak hanya itu, kunyit juga dapat meningkatkan produksi empedu. Ini akan membantu fungsi hati untuk membuang "limbah" buruk yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

14. Manfaat kunyit untuk mata

Seiring bertambahnya usia, kesehatan mata manusia mulai menurun. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan adalah kinerjanya dalam proses pembaharuan sel mata.

Sel-sel mulai menurun fungsinya sehingga menimbulkan glaukoma, suatu kondisi dimana mata mulai mengalami sejumlah gangguan, yang paling parah adalah kebutaan. Hasil penelitian dari Scientific Reports 2018 menjelaskan bahwa senyawa kurkumin dapat mengoptimalkan fungsi retina. 

15. Kegunaan kunyit untuk radang sendi

Berkat sifat anti-inflamasinya, kurkumin bisa menjadi pengobatan alternatif jangka panjang bagi penderita osteoarthritis atau radang sendi. Pasien osteoartritis yang mengonsumsi 1000mg Meriva setiap hari akan melihat fungsi sendi yang lebih baik.

Meriva sendiri merupakan ekstrak yang dihasilkan dari kurkumin alami (curcuminoids) dengan persentase hingga 75%. Curcumin sangat efektif dalam menghambat atau memperlambat proses inflamasi yang terjadi pada persendian. 

16. Manfaat Kunyit untuk Migrain dan Sakit Kepala

Migrain atau sakit kepala unilateral dapat terjadi karena saraf yang meradang. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan tersumbat. Akibatnya, rasa sakit yang tak tertahankan dapat dirasakan setelahnya.

Meskipun tidak ada data ilmiah yang membuktikan keefektifan kunyit untuk migrain, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Rheumatology menunjukkan bahwa kurkumin dapat mengurangi sakit kepala. Ini karena obat antiradang dapat menghambat prostaglandin, senyawa yang menyebabkan nyeri berlebihan.

17. Menyembuhkan mual, kembung dan maag

Mual, kembung, dan mulas adalah kondisi yang disebabkan oleh penyakit perut. Salah satu manfaat kunyit yang belum banyak diketahui orang adalah fungsinya pada sistem pencernaan manusia.

Curcumin dapat membantu mengurangi gas di perut yang menyebabkan kembung atau gas, mengontrol kelebihan asam lambung, dan mencegah pengikisan lapisan lambung. 

18. Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Benarkah kunyit bisa menyembuhkan masalah asam lambung? Dimulai dengan Healthline, meski banyak penelitian telah dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas kunyit dan ekstrak kurkuminnya, tidak ada yang fokus pada masalah asam lambung.

Meskipun bukti ilmiahnya masih terbatas bahwa kunyit dapat membantu mengobati refluks asam, ada baiknya dicoba. Kebanyakan orang mentolerirnya dengan baik dalam makanan dan saat dikonsumsi sebagai suplemen. Jika Anda ingin menggunakan kunyit untuk mengobati asam lambung, ingatlah:

  • Untuk hasil terbaik, gunakan kunyit dengan lada hitam atau pilih suplemen yang mengandung piperin untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap dan menggunakan kurkumin.
  • Kunyit dapat bertindak sebagai pengencer darah. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit dengan pengencer darah.
  • Anda mungkin mengalami efek samping yang tidak menyenangkan jika mengonsumsi 1.500 miligram atau lebih kunyit per hari.
  • Mungkin perlu beberapa minggu untuk melihat apakah kunyit membantu gejala refluks asam Anda. Jika tidak membaik atau semakin parah, sebaiknya hentikan pemakaian dan temui dokter.  

Kunyit dan bumbu asam

Salah satu olahan kunyit yang paling populer di Indonesia adalah ramuan asam jawa. Minuman tradisional campuran kunyit dan asam jawa ini konon memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Bahkan Kementerian Kesehatan RI memiliki pedoman tersendiri dalam membuat obat herbal yang baik untuk kesehatan. Dari pemilihan bahan yang berkualitas, penggunaan alat yang steril dan personal hygiene apoteker harus baik.

Berikut beberapa manfaat dari ramuan asam jawa :

  • Mengurangi bau badan
  • Membantu meredakan nyeri haid dan keluhan
  • pencernaan AIDS
  • Membantu menghilangkan lemak

Cara membuat serbuk kunyit wangi

Untuk bisa mengkonsumsi jamu sehat, kamu bisa membuat sendiri jamu asam jawa dan kunyit di rumah lho. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa bahan yang digunakan aman dan sehat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg kunyit segar
  • kg dari saya
  • ½ Kg gula merah
  • Garam dan gula putih secukupnya
  • Air rebusan baru dimakan

Pembuatan:

  • Kunyit segar
  • Kunyit segar dihaluskan, tambahkan air, peras untuk mendapatkan 3 liter jus
  • Masukkan semua bahan, didihkan, saring dan dinginkan.

Efek samping jika menggunakan bubuk kunyit

Meski kunyit memiliki berbagai khasiat, ternyata tetap saja ada efek samping yang bisa berdampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan. Tidak ada anjuran dosis khusus untuk penggunaannya, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan organisme.

Di antara banyak efek samping potensial adalah masalah dengan sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda dapat langsung menghentikan penggunaannya jika efek tersebut mulai terlihat.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga melalui konsultasi rutin dengan dokter rekanan kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang juga, klik link ini sob! 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa