Cara Menanam Melati Air Dengan Baik Dan Bagus

Pati , Ikrek Official -  Ingin informasi menanam melati air dalam pot? Kemudian, Pak Tani Digital menyiarkan informasi tersebut. Simak ulasannya!

Cara mudah menanam melati air di rumah

Berbeda dengan tumbuhan pada umumnya, melati air merupakan jenis tumbuhan yang dapat hidup di air.

Meski memiliki bentuk bunga berwarna putih, sebenarnya bunga ini bukan anggota keluarga melati, yaitu sejenis tumbuhan air yang mampu menghasilkan bunga.



Yang istimewa dari bunga ini adalah bunganya berwarna putih dengan tiga kelopak. Kepala sari berwarna kuning dan membentuk lingkaran.

Karena memiliki bunga yang sangat cantik dan indah, tidak heran jika tanaman ini sering ditanam sebagai tanaman hias.

Merawatnya juga relatif mudah dan Anda bisa mekar kapan saja, tanpa memandang musim.

Bagi yang berminat membudidayakan bunga ini untuk penghias rumah, berikut beberapa cara menanamnya.

Persiapan alat dan bahan

Sebelum menanam melati air dalam pot, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Karena ini tanaman air, siapkan pot tanpa lubang di dasarnya. Selain itu siapkan juga bahan lain seperti biji melati dan bahan tanaman.

Persiapan lingkungan tanam

Untuk menanam tanaman hias ini, Anda bisa menggunakan media tanam berupa tanah yang baik. Namun, tanaman melati tumbuh lebih baik bila ditanam di atas hamparan lumpur.

Beri makan bahan tanaman yang sudah disiapkan hingga 1/3 pot. Setelah itu, tambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos ke substrat tadi.

tanaman melati air

Setelah media tanam dan pupuk ditambahkan, Anda bisa langsung menanam bibit melati air ke dalam pot.

Pastikan umbi melati yang akan ditanam terkubur di dalam tanah. Setelah selesai menanam, jangan lupa untuk memadatkan substrat agar tanaman dapat berdiri tegak.

Selain bisa ditanam di tanah, melati air juga bisa ditanam di substrat air. Caranya adalah dengan membuat lubang tanam kemudian tempatkan akar tanaman pada media air. Isi kolam dengan air hingga setengah tinggi tanaman.

Jangan biarkan media air mengenai bagian atas tanaman dan tenggelam karena akan menyebabkan tanaman membusuk.

Perawatan dan Pemeliharaan

Merawat tanaman ini sangat sederhana, Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tempatkan juga tanaman ini di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Dengan cara ini, tanaman tidak stres dan mati.

Karena melati air adalah salah satu jenis tanaman air, Anda harus memastikan bahwa substrat tanaman memiliki cukup air.

Tips sukses tanaman melati air

Agar tanaman yang ditransplantasikan berhasil, mereka perlu mengetahui teknik dan tips selama proses penanaman dan perawatan. Tertarik dengan tips menanam yang berbeda ini? Ini dia reviewnya

Karena merupakan salah satu tanaman air, pastikan Anda memiliki cukup air. Namun, jangan membanjiri bagian atas tanaman dengan air karena dapat menyebabkan pembusukan.

Lakukan pemupukan sebulan sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk NPK. Pemupukan menggunakan metode selang dengan cara melepaskan pupuk ke dalam selang dan langsung ke media tanam.

Agar tanaman tidak mengering, jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Isinya informasi tentang proses penanaman dan perawatan tanaman hias melati air. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk bercocok tanam. Jika Anda mencoba PTD teman!

Apakah Anda ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Unduh aplikasi Pak Tani Digital Agriculture Marketplace di sini. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa