Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Mudah

 Cara Mudah Menanam Dan Menanam Bunga Melati Air Di Rumah – Bunga melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) merupakan tanaman berbunga indah dan menyegarkan udara yang merupakan anggota dari keluarga Alismataceae dan asli Brazil, Peru, Mexico dan Uruguay. . Bunga melati air ini unik karena hidup di air. Bunga melati air bercirikan bunga berwarna putih dengan tiga kelopak, di bagian tengahnya terdapat kepala sari berwarna kuning yang membentuk lingkaran.



Tumbuhan melati air berbunga tidak mengenal musim. Daun bunga melati air memiliki bentuk yang eksotis, semakin tinggi tumbuh semakin lebar. Daun melati air cukup kaku, permukaan dan bawah daun ditutupi bulu-bulu kasar, bentuk daun bervariasi dari bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil. Bunga melati air mekar pada pagi hari dan menutup kembali pada sore hari.

Klasifikasi melati air

Kerajaan: tanaman (tanaman)

Sub-kerajaan: Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)

Divisi Super: Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida (monokotil)

Kelas bawah: Alismatidae

memerintah: Alismatales

Keluarga: Alismataceae

Keluarga: Ekinodorus

Jenis: Echinodorus palaefolius var. latifolius

Selain keindahannya, bunga melati air juga memiliki berbagai manfaat. Khasiat melati air antara lain menyegarkan udara, mengobati maag, koreng, bronkitis, sakit mata, keseleo, susah tidur, radang usus, dll.

Isinya terlihat

Menanam dan merawat bunga melati air

Persiapan penanaman dan substrat tanam

Pertama, siapkan pot tanaman untuk menanam melati air. Ukuran pot bisa disesuaikan dengan ukuran umbi melati yang akan ditanam, namun semakin besar semakin baik. Saat kuali sudah siap, tutup lubang di bawah kuali, agar nantinya air di dalam kuali masih menggenang.

Selanjutnya, siapkan media tanam yang halus, tetapi sebaiknya lunak. Tuang hingga 1/3 tanah ke dalam pot, lalu tambahkan pupuk kandang atau kompos ke dalam tanah.

Cara menanam melati air

Jika sudah siap, mulailah menanam. Tanamlah rumpun melati air pada media tanam tersebut. Kemudian isi dengan tanah atau lumpur dan padatkan.

Kemudian sisa ruang media tanam diisi dengan air. Hal inilah yang dibutuhkan melati air agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung segera setelah tanam. Letakkan di tempat yang sejuk karena jika terkena sinar matahari langsung daunnya bisa cepat kering.

Cara merawat melati air

Melati air tidak perlu disiram karena semua kebutuhan air sudah tercukupi. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah pemupukan. Pemupukan sebulan sekali dengan pupuk NPK. Pemberian pupuk NPK pada tanaman sebaiknya tidak diberikan secara langsung, namun pemberian pupuk ini sebaiknya dilakukan dengan cara disemprot dengan selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, setelah itu pupuk NPK dialirkan melalui selang tersebut.

Demikian artikel pembahasan Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Di Rumah semoga bermanfaat, dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Hati-hati 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa