5 Fakta Pesugihan Tuyul, dari Cara Mencuri hingga Benda Penangkalnya

Pati, Ikrek Official -   - Tyyul pesugiha sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Mitos ini masih beredar dan sebagian masyarakat masih mempercayainya. Tuyul digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud anak kecil. Banyak yang mengatakan tubuhnya berbulu dan sedikit berlendir serta memiliki gigi yang tajam.



Beberapa orang mengaku pernah melihat atau melihat penampakan dari makhluk halus tersebut. Hanya saja pada beberapa kasus masih ada masyarakat saat ini yang mengikuti ritual Tuyul. Berikut beberapa fakta tentang tuyul yang masih digunakan sebagai waslap:

1. Cara Tuyul mencuri

Banyak mitos yang beredar bahwa jika uang atau perhiasan yang Anda simpan tiba-tiba hilang secara misterius, bisa jadi itu adalah ulah Tuyul.

Mitos mengatakan bahwa Tuyul ini tidak masuk akal. Misalnya, jika Anda disuruh mengambil hanya 50.000 rubel, tuyul tidak akan tertarik untuk mengambil uang, meskipun ada uang tunai 100.000 rubel.

Selain itu, Tuyul biasanya mengambil uang lembaran demi lembaran, dan uang yang diambil biasanya jenisnya sama.

2. Ada banyak versi penyebutan Tuyul di luar negeri

Ternyata versi hantu ini tidak unik di Indonesia, namanya bervariasi dari Kwee Kia di Hokkien, Koman-tong (laki-laki) dan Koman-lay (perempuan) di Thailand, Tiyanak di Filipina hingga Cohen Kroh di Kamboja.

3. Jarum dan Yuyu sebagai penawar Tuyul

Sebuah mitos menyebutkan bahwa jarum dan yuyu dapat melawan perbuatan tuyul. Disarankan untuk meletakkan jarum di bawah tumpukan uang yang akan disimpan, karena diyakini Tuyul takut dengan jarum. Sementara itu, Yuyu atau sejenis kepiting kecil mungkin sedang memegang Tuyul, sehingga ia tidak berkonsentrasi untuk mencurinya, malah menyarankan agar Yuyu diletakkan di sudut-sudut rumah. 

4. Tuyul meminta darah kepada anggota keluarga perempuan

Menurut mitos Jawa, sebagai imbalan atas tuyul yang mendatangkan kekayaan secara instan, seorang majikan harus rela merawat tuyul tersebut. Konon yang diminum Tuyul adalah darah dari tubuh majikannya.

5. Kelakuan Tuyul sama seperti anak-anak pada umumnya

Tuyul diyakini sebagai bentukan anak yang tidak lahir atau akibat aborsi. Beberapa orang yang melihatnya percaya bahwa sikapnya tidak jauh berbeda dengan anak-anak, seperti berlari, memanjat, dan bahkan bermain-main. Bagaimana cara menunjukkan diri Anda kepada orang lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa