Bagaimana cara Upin dan Ipin menggambarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam setiap episodenya

 Bagaimana cara Upin dan Ipin menggambarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam setiap episodenya


**Humanisme Pendidikan Islam dalam Serial Animasi Upin Ipin**

=====================================================


Serial animasi Upin Ipin telah menjadi sangat populer di kalangan anak-anak, terutama di Indonesia. Selain menawarkan hiburan, serial ini juga memiliki nilai-nilai pendidikan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Salah satu nilai yang sangat penting dalam serial ini adalah humanisme pendidikan Islam.


**Definisi Humanisme**

--------------------


Humanisme adalah suatu pendidikan yang menekankan pada memanusiakan manusia. Dalam konteks pendidikan Islam, humanisme berarti memanusiakan manusia dengan cara mengembangkan harkat, peran, serta tanggung jawab setiap manusia. Setiap manusia memiliki kedudukan yang istimewa dan kemampuan lebih dari mahluk lainnya. Humanisme sangat berkaitan dengan kegiatan dalam kehidupan bermasyarakat seperti pendidikan.


**Nilai Humanisme dalam Upin Ipin**

--------------------------------


Serial animasi Upin Ipin terdapat nilai humanisme yang sangat jelas. Contohnya, dalam episode gong xi fa cai, Upin Ipin ditanya oleh Opa mengapa mereka tidak pergi untuk berhari raya. Namun, Upin Ipin menjawab tidak karena Mei Mei belum ada di rumah. Kemudian Opa menasihati untuk pergi ke rumah uncle Ah Tong yang sendirian dirumahnya. Berikut ini potongan dialognya:


Opa: Kau berdua tak pergi beraye?

Upin: Tunggu Mei Mei balik.

Opa: Kenapa tak pergi rumah uncle Ah Tong? Kasihan dia seorang- seorang.

Upin: Tak nak lah, uncle tak ajak pun.

Ipin: Ho’oh.

Opa: Pergi aje lah.


Gambar 10. Percakapan antara Upin Ipin dan Opa yang mengandung nilai humanisme.


Percakapan antara Upin Ipin dan Opa di atas merupakan suatu pelajaran dimana kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain hanya karena status sosial atau keadaan. Kita harus menghormati dan menunjukkan rasa kasihan kepada orang lain, terutama yang sendirian.


**Pengaruh Humanisme terhadap Anak-Anak**

-----------------------------------------


Pengaruh humanisme terhadap anak-anak sangat signifikan. Dalam episode gong xi fa cai, Upin Ipin menunjukkan bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain hanya karena status sosial atau keadaan. Anak-anak yang menonton serial ini akan belajar bahwa kita harus menghormati dan menunjukkan rasa kasihan kepada orang lain, terutama yang sendirian.


**Kesimpulan**

--------------


Serial animasi Upin Ipin telah menunjukkan nilai humanisme yang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Dalam episode gong xi fa cai, Upin Ipin menunjukkan bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain hanya karena status sosial atau keadaan. Anak-anak yang menonton serial ini akan belajar bahwa kita harus menghormati dan menunjukkan rasa kasihan kepada orang lain, terutama yang sendirian.


**Referensi**

--------------


1. Repository Ar-Raniry, "Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Film Kartun Upin dan Ipin" (PDF).

2. ResearchGate, "Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Upin dan Ipin" (PDF).

3. Repository Uinsaizu, "Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Film Kartun Upin" (PDF).

4. Jurnal Fikrah, "Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Upin dan Ipin" (PDF).

5. Academia.edu, "Nilai Nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural dalam Film Upin dan Ipin" (PDF).

6. OJS Ummetro, "Nilai Nilai Pendidikan Multikultural dalam Film Animasi Upin Ipin" (PDF).

7. CORE, "Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Upin dan Ipin" (PDF).


**Citation**

------------


This article is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Citations:

[1] [PDF] NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KARTUN UPIN DAN ... https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19718/1/Suciana%20Oktavia,%20150201027,%20FTK,%20PAI,%20085261417691.pdf

[2] nilai-nilai pendidikan islam dalam film animasi upin dan ipin - ResearchGate https://www.researchgate.net/publication/346862357_NILAI-NILAI_PENDIDIKAN_ISLAM_DALAM_FILM_ANIMASI_UPIN_DAN_IPIN

[3] [PDF] nilai-nilai pendidikan islam dalam film kartun upin https://repository.uinsaizu.ac.id/6588/2/NURKAMILASARI%20WAEUSENG_NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20DALAM%20FI.pdf

[4] [PDF] nilai-nilai pendidikan islam dalam film upin dan ipin karya moh. nizam ... https://repository.uinsaizu.ac.id/1950/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

[5] NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KARTUN UPIN DAN ... http://repo.uinsatu.ac.id/26540/

[6] NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN ... https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/fikrah/article/view/610

[7] [PDF] NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KARTUN UPIN DAN ... https://etheses.iainkediri.ac.id/2954/1/932103516%20prabab.pdf

[8] Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun “ UPIN & IPIN https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/article/view/200

[9] (PDF) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Upin-Ipin - ResearchGate https://www.researchgate.net/publication/373720890_Nilai-Nilai_Pendidikan_Islam_Dalam_Film_Upin-Ipin

[10] [PDF] Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Animasi Upin Ipin dan ... https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10576/8474/19679

[11] Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Kartun Upin-Ipin Pada Episode ... https://digilib.uinsgd.ac.id/21180/

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa