Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tauhid pada Siswa SD
Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tauhid pada Siswa SD
Penggunaan media gambar sangat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran tauhid. Media gambar dapat berperan sebagai alat bantu untuk mengajarkan kosakata baru dan membangun keterampilan berbicara. Berikut adalah beberapa contoh penelitian yang menunjukkan pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar tauhid pada siswa SD:
1. **Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tauhid Siswa SD**:
- Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Media gambar dapat membantu siswa dalam menjelaskan dan mendiskusikan gambar, serta membangun keterampilan berbicara yang lebih baik[3].
2. **Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD**:
- Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Nilai rata-rata pretest sebelum penggunaan media gambar adalah 60,34%, sedangkan nilai rata-rata posttest setelah penggunaan media gambar meningkat menjadi 70,17%[4].
3. **Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD**:
- Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan membangun keterampilan berbicara yang lebih baik[2].
4. **Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah**:
- Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. Media gambar dapat membantu siswa dalam menjelaskan dan mendiskusikan gambar, serta membangun keterampilan berbicara yang lebih baik[3].
Dalam sintesis, penggunaan media gambar sangat membantu meningkatkan hasil belajar tauhid pada siswa SD. Media gambar dapat berperan sebagai alat bantu untuk mengajarkan kosakata baru dan membangun keterampilan berbicara. Oleh karena itu, penggunaan media gambar sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran tauhid untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
**Referensi:**
1. **Repository UIN Jakarta**. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Ibadah Siswa.
2. **Repository UIN Jakarta**. (n.d.). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa di SD Negeri Kebon Kacang 01 Pagi Jakarta Pusat.
3. **Repository IAIN Palopo**. (n.d.). Proposal Penelitian Skripsi Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Perilaku Siswa di SDN No. 45 Padang Alipan Kota Palopo.
4. **Repository Raden Intan**. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Negeri Katon.
5. **Journal IKIP Siliwangi**. (2019). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel “Habibie & Ainun” Karya B.J. Habibie.
Citations:
[1] PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL ... https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/1238
[2] Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD ... https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8448
[3] Pengaruh Media Pembelajaran Berbentuk Gambar Terhadap ... https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/9014
[4] [PDF] pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa http://repository.uinsu.ac.id/5913/1/Siti%20Khodijah%2036143041.pdf
[5] [PDF] skripsi pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar al- islam di ... https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1456/1/skripsi%20widyaPDFok%20-%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf
Comments