Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Pangan
### Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Pangan
#### Pendahuluan
Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, industri pangan harus meningkatkan kualitas produk dan citra merek untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Faktor psikologis mencangkup motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap. Dalam penelitian ini, kita akan membahas tentang pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dan uji Sobel untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Sampel yang digunakan sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan adalah motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap.
#### Pembahasan
Faktor psikologis adalah faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini, kita menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap adalah faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Kesimpulan
Dalam kesimpulan, penelitian ini menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan adalah motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap. Dengan demikian, industri pangan harus meningkatkan faktor psikologis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
#### Saran
Saran dari penelitian ini adalah bahwa industri pangan harus meningkatkan faktor psikologis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Industri pangan harus meningkatkan motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
### Referensi
1. Ni Putu Hani Susanti, I Made Wardana. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Produk Kosmetik Hijau Merek The Body Shop. Jurnal Manajemen, 1(1), 1-10.
2. Adawiah, R., dkk. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Produk Kosmetik. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 271-278.
3. Gadau, Matias. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
4. Martha Derang. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
5. Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6. Ropinov Saputro. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Citations:
[1] [PDF] pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan ... https://media.neliti.com/media/publications/5344-ID-pengaruh-faktor-pribadi-dan-faktor-psikologis-terhadap-keputusan-pembelian-konsu.pdf
[2] [PDF] analisis pengaruh faktor sosial dan faktor psikologis terhadap ... http://repository.unbari.ac.id/2772/1/Belinda%20Agustin.pdf
[3] [PDF] pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan - Repository UPY http://repository.upy.ac.id/1295/1/Artikel.pdf
[4] [PDF] SKRIPSI PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN ... http://repository.uin-suska.ac.id/31232/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20V.pdf
[5] FAKTOR PRIBADI DAN PSIKOLOGI PADA PROSES KEPUTUSAN ... https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jspp/article/view/24522/0
Comments