Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Pangan
### Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Pangan
#### Pendahuluan
Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, industri pangan harus meningkatkan kualitas produk dan citra merek untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Faktor psikologis mencangkup motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian. Dalam penelitian ini, kita akan membahas tentang pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dan uji Sobel untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Sampel yang digunakan sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan adalah motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian.
#### Pembahasan
Faktor psikologis adalah faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini, kita menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian adalah faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan.
#### Kesimpulan
Dalam kesimpulan, penelitian ini menemukan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan. Faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di industri pangan adalah motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian. Dengan demikian, industri pangan harus meningkatkan faktor psikologis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
#### Saran
Saran dari penelitian ini adalah bahwa industri pangan harus meningkatkan faktor psikologis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Industri pangan harus meningkatkan motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran, dan kepribadian untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
### Referensi
1. Ni Putu Hani Susanti, I Made Wardana. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Produk Kosmetik Hijau Merek The Body Shop. Jurnal Manajemen, 1(1), 1-10.
2. Adawiah, R., dkk. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Produk Kosmetik. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 271-278.
3. Gadau, Matias. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
4. Martha Derang. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
5. Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6. Ropinov Saputro. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Citations:
[1] [PDF] SKRIPSI PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN ... http://repository.uin-suska.ac.id/31232/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20V.pdf
[2] Factors influencing the consumer behaviour when buying food https://www.researchgate.net/publication/298990708_Factors_influencing_the_consumer_behaviour_when_buying_food
[3] [PDF] FACTORS AFFECTING CONSUMER'S BEHAVIOUR ON ... https://managementjournal.usamv.ro/pdf/vol.19_1/Art28.pdf
[4] [PDF] pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan - Repository UPY http://repository.upy.ac.id/1295/1/Artikel.pdf
[5] [PDF] PSYCHOLOGICAL FACTORS INFLUENCING CONSUMER ... https://core.ac.uk/download/pdf/38126112.pdf
[6] Buying behaviour of consumers for food products in an emerging ... https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/00070701011018806/full/html
[7] [PDF] analisis pengaruh faktor sosial dan faktor psikologis terhadap ... http://repository.unbari.ac.id/2772/1/Belinda%20Agustin.pdf
[8] [PDF] The Influence of Psychological Factors on Consumer Purchasing ... https://journal.yrpipku.com/index.php/ijedr/article/download/2071/1779/17020
[9] (PDF) CONSUMER BEHAVIOUR AT THE FOOD MARKET - ResearchGate https://www.researchgate.net/publication/258889655_CONSUMER_BEHAVIOUR_AT_THE_FOOD_MARKET
[10] [PDF] analisis faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/688/630
[11] Factors affecting food decisions made by individual consumers https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S030691929900024X
[12] (PDF) Buying behaviour of consumers for food products in an emerging ... https://www.researchgate.net/publication/235296873_Buying_behaviour_of_consumers_for_food_products_in_an_emerging_economy
[13] [PDF] pengaruh faktor psikologis, faktor sosial, dan faktor https://repository.radenfatah.ac.id/11101/1/Rambo%20Saputra%2013190216.pdf
[14] the importance of factors that influence on consumer purchasing decisions ... https://www.researchgate.net/publication/272421201_THE_IMPORTANCE_OF_FACTORS_THAT_INFLUENCE_ON_CONSUMER_PURCHASING_DECISIONS_OF_FOOD_PRODUCTS
[15] Key Factors Driving Consumer Buying Behaviour in Food Industry in 2024 https://tastewise.io/blog/consumer-buying-behaviour-in-food-industry
Comments