Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ikrek_22

Pati - Ikrek Official -  Bunga matahari (Helianthus annuus) mengandung karbohidrat, protein, lipid dan serat. Tak hanya itu, bunga kuning ini juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin dan mineral.


Kandungan vitaminnya meliputi vitamin E, B1, B3 dan vitamin B6. Sedangkan kandungan mineralnya meliputi asam folat, magnesium, seng (zinc), tembaga, fosfor dan besi

Jumlah vitamin dan mineral tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, manfaat lainnya antara lain mengendalikan kadar diabetes hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat bunga matahari

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Dengan mengurangi risiko penyakit jantung, komposisi bunga matahari bekerja dengan menghalangi enzim yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dengan cara ini, pembuluh darah akan melebar sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Akibatnya, tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit jantung akan berangsur-angsur menurun. Proses ini difasilitasi oleh pasokan magnesium dan asam lemak tak jenuh (linoleat).

2. Kontrol Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi Manusia di Universitas Otago menunjukkan bahwa makan 1 ons (30 gram) bunga matahari efektif menurunkan gula darah sebesar 10%. Efeknya bisa dirasakan jika dikonsumsi setiap hari selama enam bulan.

Juga menurut penelitian ini, kandungan protein dan lemak pada bunga matahari memperlambat pengosongan lambung. Ini dapat membantu mengurangi efek peningkatan gula darah dari karbohidrat. Dengan begitu, masalah diabetes akan lebih terkontrol.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bunga matahari ini karena kandungan vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Cara kerjanya dengan mengurangi radikal bebas yang masuk ke mata. Radikal bebas ini menimbulkan ancaman yang dapat merusak makula dan bagian mata lainnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Otot

Protein dalam bunga matahari merupakan nutrisi penting yang mendukung fungsi dan regulasi jaringan dalam tubuh. Protein ini juga digunakan oleh tubuh untuk membangun massa otot. Hingga 90% kandungan protein dalam makanan akan diserap tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak.

5. Meningkatkan imunitas

Dengan imunitas yang baik, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga dengan optimal. Manfaat bunga matahari ini karena kandungan vitamin E, seng, dan seleniumnya.

Imunitas tubuh berperan dalam melawan patogen seperti kuman, bakteri, virus, parasit atau jamur. Patogen kemudian dihilangkan dari tubuh melalui metabolisme.

6. Menjaga berat badan ideal

Banyaknya serat dan protein pada bunga matahari memiliki efek menurunkan atau menjaga berat badan. Kedua nutrisi ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat yang ada di dalamnya membantu meningkatkan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Meski baik untuk kesehatan, tidak disarankan untuk mengonsumsi bunga matahari terlalu banyak. Pasalnya, jika tubuh terlalu banyak dibebani vitamin B6, hal ini bisa menimbulkan rasa kesemutan, cepat lelah hingga sesak napas.

Untuk batas aman konsumsi bunga matahari, tanyakan kepada dokter Anda melalui aplikasi Halodoc. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Jika Anda membutuhkan informasi kesehatan, gaya hidup, dan gaya hidup sehat lainnya, silakan unduh Halodoc sekarang juga. 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Sunflower Seeds.
Healthline. Diakses pada 2022. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More.


dr. Rizal Fadli (2022) Di Akses Pada 13 Juni 2023 Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan


Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa