7 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Ikrek_22

Pati - Tajab-22 -  Sebagai bunga yang indah, bunga matahari tidak hanya ditanam sebagai tanaman hias yang sangat baik. 


Memang, bunga berkelopak besar ini sudah lama dikenal karena banyak kegunaannya, mulai dari memasak hingga mempercantik kulit.

Manfaat bunga matahari untuk kecantikan

Sebagai tanaman hias, bunga matahari sangat memanjakan mata berkat bentuknya yang indah. Namun siapa sangka, dibalik keindahannya, bunga asli Amerika ini menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan kulit.

Dari segi kecantikan, bunga berkelopak besar ini memiliki sifat emolien atau pelembab yang sangat baik untuk kulit. Sifat pelembab ini bisa Anda dapatkan melalui minyak bunga matahari yang berasal dari biji bunga matahari.

Minyak bunga matahari sendiri memiliki kandungan asam linoleat sebagai bahan utamanya. Selain asam linoleat, komponen lain yang terdapat dalam minyak bunga matahari adalah asam oleat, asam palmitat, lesitin, karotenoid, tokoferol, dan vitamin A, D, dan E yang cukup banyak.

Biji bunga matahari dan minyak

Pada dasarnya, ada dua jenis biji bunga matahari yaitu biji bunga matahari yang diminyaki dan biji bunga matahari yang tidak diminyaki. Biji bunga matahari yang diminyaki dapat dimakan dan digunakan untuk mengekstrak minyaknya, sedangkan biji bunga matahari bebas minyak digunakan sebagai pakan ternak dan bukan untuk konsumsi manusia.

Sedangkan minyak biji bunga matahari diekstraksi dari biji hitam dan seluruh bagian tanaman bunga matahari. Minyak bunga matahari biasanya berwarna kuning dengan rasa yang ringan dan menyenangkan, sedangkan minyak sulingan berwarna kuning pucat.

Manfaat minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari dapat digunakan sebagai perawatan kulit alami. Sifatnya yang menenangkan dan melembutkan (melembabkan) sangat bagus untuk kulit. Minyak bunga matahari kaya akan nutrisi dan antioksidan sehingga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan digunakan sebagai bahan kosmetik.

Ternyata, manfaat bunga matahari untuk kulit bisa melawan jerawat, eksim, radang, kemerahan umum dan iritasi kulit. Beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk kulit adalah sebagai berikut.

1. Melembabkan

Sifat emolien dalam minyak bunga matahari dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Menggunakan minyak bunga matahari sebagai lotion pada kulit bayi juga dapat membuat kulit lebih segar dan terhidrasi.

Selain itu, manfaat bunga matahari lainnya untuk kulit adalah obat gosok dapat mengurangi infeksi kulit hingga hampir 14%. Oleh karena itu, minyak bunga matahari dapat digunakan dalam perawatan kulit sehari-hari.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Minyak bunga matahari kaya akan vitamin E dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya seperti minyak almond atau shea butter. Vitamin E penting dalam mencegah kerusakan sel kulit akibat sinar ultraviolet atau UVA dari matahari. Vitamin E meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit Anda dengan mencegah jaringan parut dan mengurangi kerutan.

3. Mengatasi Jerawat

Minyak bunga matahari juga kaya akan vitamin A, C dan D serta karotenoid dan lilin sehat yang membentuk penghalang yang sangat efektif pada kulit untuk mengobati jerawat.

Minyak bunga matahari sering dipilih sebagai obat jerawat karena teksturnya yang sangat ringan dan mudah meresap ke dalam kulit tanpa menyumbat pori-pori pada kulit wajah.

Vitamin dan asam lemak berperan sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel kulit mati dan membantu kulit menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat secara alami.

4. Kaya akan beta-karoten

Beta-karoten adalah senyawa berpigmen kaya lemak yang diubah menjadi vitamin A dan sifat antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan dan kulit Anda. Minyak bunga matahari merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik.

Mengkonsumsi senyawa ini membuat kulit Anda kurang sensitif terhadap sinar matahari. Antioksidan yang ada di dalamnya menetralkan radikal bebas yang masuk ke kulit Anda yang menyebabkan kulit terbakar dan jenis kerusakan akibat sinar matahari lainnya seperti kanker kulit. 

5. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Paparan berlebihan terhadap radikal bebas dan sinar matahari dapat mempercepat penuaan kulit, menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan secara dini. Hal tersebut jelas sangat mengintimidasi para wanita karena wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling terlihat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, hanya dengan menggunakan minyak bunga matahari, wajah Anda akan terlihat lebih sehat dan cerah. Manfaat tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak bunga matahari yang dapat menjaga kecantikan kulit. Dapatkan sebotol minyak organik seharga Rp 95.600,- Beli di sini

6. Memperbaiki kulit kering

Sebagai emolien alami, minyak bunga matahari meningkatkan retensi air, yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Manfaat ini jelas sangat membantu, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif.

Caranya sangat sederhana yaitu dengan mencampurkan minyak bunga matahari dan minyak jarak. Kedua bahan ini sangat efektif untuk melembutkan kulit dan mengangkat sel mati serta kotoran yang terperangkap di kulit. Campuran ini dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan tidak memerlukan pelembab tambahan karena minyak tabir surya sudah mengandung asam lemak dan vitamin untuk membantu melembabkan kulit.

7. Perawatan kulit sesuai kondisi

Minyak biji bunga matahari adalah minyak berkualitas baik karena teksturnya yang ringan dan sangat cocok untuk perawatan kulit dan mata. Minyak bunga matahari sangat cocok untuk kulit normal hingga kering dan banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi.

Dengan wangi dan tekstur yang ringan, produk kecantikan dengan minyak tabir surya meninggalkan bekas lembut di kulit. Banyaknya manfaat minyak bunga matahari untuk perawatan kulit alami tentu menyita perhatian dunia kecantikan. Apakah Anda ingin mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat? Jika demikian, coba oleskan minyak bunga matahari secara teratur. Semoga beruntung! 

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa