Pengertian, hukum Khulu' dalam Kitab Bulughul Maram

 buatkan artikel khulu dalam bab nikah di Kitab Bulughul Maram


**Khulu' dalam Kitab Bulughul Maram**


Khulu' (talak tebus) adalah tuntutan cerai yang diajukan istri dengan pembayaran ganti rugi darinya, atau dengan kata lain istri memisahkan diri dari suaminya dengan ganti rugi kepadanya. Dalam Kitab Bulughul Maram, khulu' dibahas dalam Bab Nikah, Bab Khulu'.


### Definisi Khulu'


Khulu' berasal dari kata "Al-Khul'u" yang berarti menanggalkan pakaian. Dalam perspektif Islam, khulu' adalah pemutus pernikahan, karenanya boleh-boleh saja tanpa iwadh, sebagaimana talak yang tidak memakai iwadh[3].


### Pembagian dan Khulu'


Dalam Kitab Nikah, Bab Khulu', khulu' dibahas dalam beberapa bagian. Bagian pertama membahas definisi khulu', bagian kedua membahas implikasi hukumnya, dan bagian ketiga membahas contoh-contoh khulu' dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW[4].


### Contoh Khulu'


Contoh khulu' dapat dilihat dalam hadis Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa istri Tsabit Ibnu Qais menghadap Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan meminta khulu' dengan mengembalikan mas kawin yang diterimanya[4].


### Implikasi Hukumnya


Khulu' memiliki implikasi hukum yang signifikan dalam pernikahan. Istri yang mengajukan khulu' harus mengembalikan mas kawin yang diterimanya, dan suami harus menerima kembali istri dengan ganti rugi yang sesuai[2].


### Kesimpulan


Khulu' adalah tuntutan cerai yang diajukan istri dengan pembayaran ganti rugi darinya. Dalam Kitab Bulughul Maram, khulu' dibahas dalam beberapa bagian, termasuk definisi, implikasi hukumnya, dan contoh-contoh khulu' dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Khulu' memiliki implikasi hukum yang signifikan dalam pernikahan dan harus dipahami dengan baik oleh para pihak yang terlibat.


Citations:

[1] Bulughul Maram #81 Kitab Nikah: Bab Tentang Pembagian, Tentang Khulu' https://www.youtube.com/watch?v=NMzjpWNp3rs

[2] [PDF] khulu' (talak tebus) dan implikasi hukumnya dalam perspektif hukum ... https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/elafkar/article/download/1586/1361

[3] [PDF] 18 BAB II PEMBAHASAN A. Khulu' Dalam Perspektif Islam 1. Definisi ... http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4454/3/BAB%20II.pdf

[4] Bulughul Maram - alQuran-Sunnah https://alquran-sunnah.com/kitab/bulughul-maram/index.html?page=source%2F8.+Kitab+Nikah%2F7.+Bab+Khulu.htm

[5] [PDF] MAQASHID SYARIA'AH KHULU' DALAM HUKUM PERNIKAHAN https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/download/9721/pdf/

Comments

Popular posts from this blog

Habib Lutfi bin Yahya: Pencerahan Spiritual di Zaman Modern

Ilmu Kalam Klasik Pengertian, Jenis & Faktor

Tradisi Menabur Bunga di Atas Kuburan: Keindahan dan Makna dalam Budaya Jawa